Cari

Anuloma Viloma Pranayama: Meraih Keseimbangan lewat Pengaturan Napas



Mari kita melakukan percobaan sejenak:

  1. Cobalah tutup lubang kanan hidung Anda dan hanya bernapas lewat lubang hidung kiri untuk beberapa saat.

  2. Bukalah tutup lubang kanan hidung Anda.

  3. Cobalah tutup lubang kiri hidung Anda dan hanya bernapas lewat lubang hidung kanan untuk beberapa saat.

  4. Bukalah tutup lubang kiri hidung Anda.

Apa yang Anda rasakan? Apakah salah satu terasa lebih lega daripada yang lain?

Kiranya pengamatan sederhana tersebut tidak luput dari para bijak Peradaban Sunda Sindhu Saraswati (Peradaban yang membentang dari Persia sampai Australia dimana Nusantara merupakan bagian darinya). Sebagaimana dijelaskan dalam tulisan lainnya, para bijak Peradaban Sunda Sindhu Saraswati membidani kelahiran ilmu yang disebut “Pranayama”, yang diterjemahkan oleh Maharishi Anand Krishna sebagai “Pengaturan Energi Kehidupan melalui Pengaturan Napas”.


Pranayama: Pengaturan Energi Kehidupan melalui Pengaturan Napas

Pranayama adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Meditasi, Ayurveda, dan Yoga. Pranayama bukanlah sekadar Pengaturan Napas karena Pengaturan Napas hanyalah sarana untuk Pengaturan Energi Kehidupan.


Para bijak menyadari bahwa seringkali terjadi ketidakseimbangan antara napas di lubang kanan dan kiri hidung. Pengamatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan eksperimen yang akhirnya melahirkan sebuah pranayama yang sangat populer dan dipraktikkan oleh jutaan atau mungkin milyaran orang saat ini, yaitu Anuloma Viloma


Manfaat Anuloma Viloma

Anuloma Viloma: Pranayama untuk Meraih Keseimbangan Diri

Dalam salah satu jurnal ilmiah oleh Saoji dkk yang berjudul Effects of Yogic Breath Regulation: A Narrative Review of Scientific Evidence yang dimuat dalam jurnal NCBI disebutkan bahwa Anuloma Viloma sangat bermanfaat dalam:

  1. Menurunkan laju tekanan darah

  2. Meningkatkan konsumsi oksigen

  3. Meningkatkan kualitas hidup dengan menurunkan tingkat stress

Bahkan menurut Maharishi Anand Krishna, Anuloma Viloma ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa takut, meningkatkan kualitas kesehatan secara holistik, dan bahkan memicu terjadinya peningkatan kesadaran.


Pranayama untuk memperkuat Sistem Pernapasan

Yoga Pranayama juga dapat digunakan untuk memperkuat system pernapasan karena virus korona menyerang system pernapasan kita. Bagaimana cara melakukannya?

BHASTRIKA Pranayama

  1. Nafas dalam dilakukan lewat lubang hidung (10x)

  2. Hati-hati untuk mereka yang mempunyai Penyakit Jantung, Asma, dan Darah Tinggi. Jaga kenyamanan diri, pelan-pelan saja.


KAPALBHATI Pranayama

  1. Pembuangan Nafas secara aktif untuk Detokfikasi (20x)

  2. Hati-hati untuk mereka yang mempunyai Penyakit Jantung, Asma, Asam Lambung Akut, Darah Tinggi. Jaga kenyamanan diri, pelan-pelan saja.


ANULOM VILOM Pranayama (Alternate Nostril Breathing)

  1. Nafas bergantian melalui lubang hidung kanan dan kiri

  2. Tetap Jaga kenyamanan diri.


Sulit untuk melakukannya? Simak video panduan melakukan pranayama bersama Ma Archana (Ayurvedic Yogic Counselor – Ketua Umum Dewan Pengurus AMAYI)\


Apakah Anda ingin melakukan teknik pernapasan dengan baik dan benar? Segera ikuti kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar. Informasi dan Pendaftaran hubungi : 087888858858/0816677225/082227774618


Sumber : https://amayi.id/index.php/2021/02/07/anuloma-viloma-pranayama-meraih-keseimbangan-lewat-pengaturan-napas/



13 tampilan0 komentar

Postingan Terkait