Cari

Mata adalah Jendela Jiwa

Pengetahuan Dasar Mengenai Mata

Jika kita bandingkan dengan organ tubuh yang lain, mata adalah organ yang membutuhkan energi paling banyak. Indra penciuman, indra perasa, dan indra peraba harus mencium, merasakan, dan meraba denga jarak yang dekat karena harus membutuhkan bantuan rangsangan. Sedangkan indra penglihatan dapat berfungsi bahkan dari jarak yang jauh sekalipun. Cara kerja dari indra penglihatan ini yaitu mata adalah dengan melihat (scanning), membedakan macam-macam warna, menangkap cahaya gelap dan terang, sehingga muncul persepsi tentang apa yang dilihat atau ditangkap oleh mata. Menurut penelitian bahwa kurang lebih 70% energi kita dipakai oleh mata.



Itulah sebabnya, mengapa orang tunanetra (buta) mengalami pengembangan indra-indra lainnya dengan sangat mudah. Sering kita jumpai ahli pijat adalah seorang tunanetra. Mereka bisa lebih peka dan merasakan otot-otot yang tidak tepat berada pada posisinya, gangguan pada sendi, dan jaringan di sekitarnya seperti tendon, ligament, atau tulang. Mereka juga mampu mengenali otot-otot mana saja yang mengalami penyumbatan sehingga membuat peredaran darah tidak lancar, akibatnya badan menjadi sering terasa sakit, pegal atau capek.


Energi yang tidak lagi digunakan oleh mata, tidak terboroskan sehingga energi tersebut mulai digunakan oleh indra-indra lain. Oleh sebab itu, tidak heran jika seorang tunanetra tidak hanya dapat mengenali orang lain dari suaranya saja, bahkan dari bau badannya, atau dari suara langkah kakinya saja mereka bisa mengenali siapa orang tersebut.


Apa jadinya ketika kita dapat menghemat beberapa persen energi yang selama ini terpakai oleh mata?

Dalam buku Ananda's Neo Self Empowerment yang ditulis oleh Bapak Anand Krishna, tertulis bahwa ketika kita bisa menghemat energi dari yang terboroskan maka intuisi kita akan berkembang sesuai dengan presentasi energi yang terhermatkan. Perkembangan intuisi juga akan memperbaiki pandangan kita, persepsi kita terhadap sesuatu, terhadap kehidupan ini sendiri.


Selama ini kita melihat kehidupan hanya dari satu sisi saja, padahal kehidupan ini memiliki sekian banyak sisi dan setiap sisi memperindah sisi yang lainnya. Taman bunga akan terlihat indah karena perpaduan berbagai jenis bunga dan tanaman di dalamnya. Intuisi yang berkembang mengantarkan kita pada pola pikir dan cara pandang yang tepat.


Lalu bagaimana caranya agar intuisi ini dapat berkembang?

Anand Krishna Centre melalui program Neo Self Empowerment yang diracik oleh Bapak Anand Krishna, memiliki beberapa latihan untuk dapat memberdaya diri. Salah satunya adalah dengan latihan Sight Culturing yang berguna untuk membudayakan pandangan dan mengembangkan kasih serta intuisi. Dalam latihan ini kita akan dipandu untuk melihat sebuah lilin yang menyala, kemudian memvisualkan cahaya lilin tersebut menjadi energi kasih yang terpancar dari dalam diri meluas ke Alam Semesta.



Melalui cahaya lilin, mata akan menerima cahaya dan menyerap energi. Selama periode memandang cahaya tersebut, mata diusahakan untuk fokus melihat cahaya lilin yang terpancar. Retina merekam gambar cahaya lilin, kemudian saraf optic membawa ke korteks visual yang terletak di bagian oksipital otak yang berfungsi sebagai kendali atas visual kehidupan. Kondisi ini menstimuli pusat-pusat otak yang tidak aktif, mengisi neuron-neuron dan menghubungkan dengan synap synap memori lainnya.


Saat hubungan otot mata dengan otak semakin menguat, hal ini akan meningkatkan penglihatan serta kekuatan fokus. Dan ketika fokus mata kita akan stabil hanya pada satu titik tertentu, dalam hal ini adalah cahaya lilin. Pikiran secara tiba-tiba akan beristirahat, sehingga kita akan memberikan peluang bagi kesadaran murni, intuisi, intelegensia untuk berkembang.


Ketika kita menatap lilin dan fokus penglihatan kita kepada cahaya lilin, maka secara otomatis kita juga akan menghentikan gangguan-gangguan ditraksi penglihatan di luar cahaya lilin. Dengan demikian, menatap lilin secara terus-menerus dan fokus perhatian kita terhadap cahaya lilin, maka dapat mengurangi perhatian mata kita ke dunia luar. Energi yang masuk melalui mata ke otak merangsang kelenjar pineal yang mengubahnya menjadi energi elektromagnetik dan mentransfernya ke berbagai organ tubuh yang lain.


Dengan fokus terhadap cahaya lilin ini, mata kita diminta untuk patuh dan tidak melihat kesana kemari sehingga menimbulkan banyak persepsi dan pikiran. Latihan ini akan membantu kita untuk menenangkan pikiran, karena denyut otak akan memperlambat secara otomatis sehingga ketenangan pun terjadi di dalam diri.



Beberapa manfaat lain dari latihan Sight Culturing:

  • Menenangkan pikiran yang tertekan

  • Mengubah cara pandang dan pola pikir

  • Meningkatkan tekad dan semangat

  • Meredakan sakit kepala

  • Mengatasi insomnia

  • Meredakan stress dan mengobati depresi

  • Membantu mengurangi kemarahan

  • Mempertajam penglihatan

  • Meningkatkan sirkulasi darah

  • Menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan

  • Menyembuhkan masalah mata seperti: mata lelah, rabun jauh, astigmatisme, glaukoma dll


Sekarang semuanya terserah Anda!

Bagaimana kita "melihat" kehidupan ini, bagaimana kita mau melihatnya? Saat menghadapi suatu penyakit, suatu musibah, maupun suatu keadaan, jika kita hanya berkeluh kesah saja, maka hidup sudah pasti akan terasa sangat berat. Tetapi sebaliknya, bila kita menghadapi situasi yang sama dengan penuh semangat, maka hidup akan terasa ringan. Nah, supaya kita bisa hidup dengan penuh semangat terlebih dahulu kita harus bisa mengubah cara kita memandang kehidupan ini. Jangan membiasakan diri melihat kebenaran hanya dari satu sisi saja. Tetapi lihatlah kebenaran secara utuh, pandanglah kehidupan seutuhnya. Teknik latihan Sight Culturing diatas dapat membantu kita untuk melihat kehidupan ini secara utuh yaitu dengan meningkatkan kesadaran kita dan mengembangkan visi kita.



Penasaran kan bagaimana teknik latihannya secara lengkap? Hubungi kami untuk merasakan sendiri pengalaman ini dan meraih manfaatnya. Bergabunglah bersama kami dalam program Latihan Ananda's Neo Self Empowerment sekarang juga ya!


SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618




sumber: buku Ananda's Neo Self Empowerment - Anand Krishna