Cari

Teknik Meditasi untuk Self Management

Diperbarui: 11 Mei


Self-management adalah salah satu skill yang amat dibutuhkan dalam dunia kerja, apa pun industrinya. Bahkan, skill ini juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki skill ini, perusahaan akan percaya bahwa kamu bisa mengatur berbagai aspek dari dirimu sendiri. Bapak Anand Krishna pernah mengatakan bahwa, sebelum Anda mengatur, memanage orang lain, terlebih dahulu Anda harus mampu memimpin diri sendiri.


Sebenarnya, apa itu self-management?

Self-management adalah kemampuan untuk membuat skala prioritas, memutuskan apa yang harus dilakukan dan bertanggung jawab menuntaskan apa yang harus diselesaikan. Dengan kata lain, Anda bertanggung jawab atas diri Anda sendiri. Anggap saja diri Anda adalah bos dari diri Anda sendiri. Barangkali diantara kita masih banyak yang belum mampu mengatur diri sendiri, masih semau gue, gue dalam hal ini adalah panca indra, seringkali kita masih belum bisa mendisiplinkan Indra kita, Panca Indra yang selalu menuntut kenyamanan


Ada banyak contoh ketika Indra yang menuntut kenyamanan. Ketika pagi hari alih alih Yoga dan Meditasi di pagi hari, malah tetap memilih menarik selimut untuk meneruskan mimpi. Ya jika Anda ingin hidup dalam mimpi silahkan melanjutkan mimpi Anda, tetapi jika Anda ingin mewujudkan mimpi Anda, segera bangun dan cepat cepat mewujudkanya dengan penuh antusias. Waktu terus berjalan dan Anda mesti menggunakannya dengan maksimal bukan untuk memanjakan diri tetapi Anda mesti mengatur mendisiplinkan indra, untuk meraih kemuliyaan di dalam diri.


Ketika Anda merasakan makanan yang nikmat, indra pengecap dimanjakan dengan citarasa yang indra inginkan, perasaan nikmat tersebut selalu diingat sehingga menjadi sebuah hasrat yang selalu menginginkan makanan tersebut. Ketika Anda sangat menginginkannya tetapi makanan tersebut tidak tersedia Anda mulai gelisah. Disinilah terjadi keterikatan terhadap makanan. Anda sudah terbiasa dengan satu jenis makanan yang sangat Anda suka, lantas Anda sering membelinya bahkan meskipun Anda tau bahwa makanan tersebut mengandung Zat Karsinogen yang memicu sel Kanker, tetapi tetap saja Anda memakannya.


Dari 2 contoh diatas Anda memahami bahwa Indra ingin selalu diperhatikan. Indra tersebut seringkali membelokkan niat dan tujuan Anda. Menjauhkan diri Anda dari target yang ingin Anda capai. Anda sudah tau persis bahwa bangun siang tidak memberikan hasil apa-apa. Anda tau bahwa makanan yang Anda suka itu nikmatnya hanya sesaat, paling lama 2 menit di mulut setelah Anda telan makanan itupun menjadi sampah di perut kita. Apalagi kalau kita tau bahwa makanan tersebut mengandung karsinogen, betapa tidak berdayanya Anda dalam mengatur memanage diri Anda sendiri.

Saat bertemu dengan Bapak Anand Krishna, beliau menyapa “bagaimana kabarnya Boss?” dikemudian hari saya baru menyadari bahwa pemilihan boss itu untuk mengingatkan saya untuk selalu menjadi boss bagi diri sendiri, menjadi tuan atas semua Indra, mengatur mengolah, mendisiplinkan setiap fakultas dalam tubuh termasuk pikiran untuk mencapai Ananda atau kebahagiaan sejati.


Jadi, Anda harus dapat mengatur berbagai hal yang terkait dengan berbagai aspek di dalam diri Anda. Ketika mengatur diri sendiri, Anda harus paham apa yang perlu Anda lakukan. Anda harus benar-benar mengenal diri Anda dan siap menanggung risiko atas setiap keputusan Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan menyalahkan faktor eksternal ketika mengalami kegagalan. Anda bisa mengevaluasi diri sendiri dan menentukan solusi yang tepat


Kemudian bagaimana cara meningkatkan Self-management?

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan beberapa Teknik Meditasi yang diajarkan di Ananad Krishna Centre Joglosemar. Segera daftarkan diri Anda dan mulailah perjalanan ke dalam diri untuk memunculkan potensi besar dalam diri Anda.


Segera Ikuti Kelas Meditasi Ananda’s Neo Self Empowerment bersama AKC Joglosemar. Untuk Informasi dan Pendaftaran hubungi 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

17 tampilan0 komentar

Postingan Terkait