Cari

Cara Terbaik Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Tidur adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa klinik yang didirikan khusus untuk tempat agar manusia dapat tidur, yang disebut dengan sleeping laboratorium, adapula sebutan lain yaitu sleeping spa. Namun, ternyata di Indonesia banyak sekali orang yang tidak bisa tidur atau mengalami susah tidur, yang sering disebut dengan istilah Insomnia. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor yang disebabkan oleh mind, gugusan pikiran, dan perasaan kita sendiri.



Nah kali ini Guruji Anand Krishna akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi atau menyembuhkan Insomnia (susah tidur) tersebut. Simak artikel ini sampai akhir ya!


1. Susah tidur merupakan suatu akibat atau konsekuensi

Susah tidur merupakan suatu akibat atau konsekuensi dari sesuatu yang lain, apakah itu? Sesuatu yang lain tersebut adalah susah hidup. Bila seseorang hidupnya tidak susah, maka tidurnya pun tidak akan mengalami kesusahan. Jadi, jika kita hanya ingin mengobati susah tidurnya saja, tanpa memperhatikan mengapa kita susah hidup, maka hal ini tidak akan berhasil. Kalau pun berhasil mungkin dengan bantuan dari pil, obat, atau intervensi lainnya, seperti: mengunjungi sleep lab atau sleep spa. Atau bahkan dengan bantuan dari hypnosis. Dan pada akhirnya akan membuat kita menjadi bergantung dengan pil, obat, atau intervensi lain tersebut. Atau bahkan bisa bergantung dengan musik tertentu agar bisa tidur. Segala sesuatu yang membuat ketergantungan itu akan menjadikan beban tersendiri atau masalah baru bagi kehidupan kita. Apapun yang menciptakan ketergantungan ini tidaklah bermanfaat bagi kehidupan kita.


2. Selesaikan dahulu persoalan-persoalan dalam keseharian hidup kita

Jika hal ini sudah kita lakukan, maka kita bisa menjalani keseharian kita dengan baik dan susah tidurpun tidak akan muncul. Persoalan atau masalah ini akan selalu ada, selama kita masih hidup. Jika tidak ada masalah itu artinya kita sudah mati, benar bukan? Tidak perlu menghindari persoalan atau masalah tersebut. Kita harus mampu untuk menghadapinya dan menyelesaikannya secara on daily basis. Dan yang terpenting adalah jangan sampai masalah tersebut kita bawa sampai tidur ya!


3. Monkey mind

Sebetulnya gugusan pikiran dan perasaan kita, atau yang kita sebut dengan mind itu ada bagusnya juga. Sesusah apapun mind ini, Ia tidak akan bisa berlama-lama hanya disitu saja. Seringkali kita berpikir bahwa hidup kita penuh dengan kecelakaan, penuh dengan penderitaan. Namun sebenarnya mind kita tidak bisa hanya berhenti di penderitaan itu saja. Mind ini pasti akan loncat-loncat seperti monyet, sehingga kita sebut dengan istilah monkey mind. Dalam hal ini, bisa dikatakan adalah sebuah keberuntungan. Mind tidak akan berpikir tentang duka terus menerus, adakala mind ini juga berpikir tentang suka. Oleh karena itu, bagaimana kita bisa memberikan banana kepada monkey mind tersebut untuk mengalihkannya. Begitu Ia mendapat pisang, maka Ia akan bahagia. Jadi kita harus mencari banana tersebut supaya monkey ini akan mengambil umpannya.

Lalu apa hubungannya dengan mind kita? Kita analogikan seperti ini: saat seseorang sudah mengalami insomnia akut, kita harus membawanya ke UGD. Hal pertama yang dilakukan adalah selesaikan dahulu permasalahannya supaya merasa lebih nyaman (pisangnya). Banana di sini adalah dengan menyelesaikan persoalan tersebut meskipun sifatnya hanya sementara.


4. Screen atau layar alat elektronik

Di zaman teknologi seperti sekarang, persoalan yang paling berat adalah kembalinya manusia pada screen atau layar. Screen tersebut dapat berupa monitor, TV, laptop, komputer, bahkan HP. Semua alat elektronik tersebut, khususnya laptop dan HP, tanpa kita sadari dapat membuat kita menjadi bungkuk. Sikap bungkuk ini dapat menyebabkan energy flow kita menjadi tidak lancar. Seharusnya kita kembali pada screen atau layar TV yang letaknya selalu lebih jauh dari tubuh kita. Atau tidak terlalu lama berada di depan layar laptop atau HP. Banyak orang yang menyalah artikan bahwa salah satu banana untuk monkey mind tersebut adalah berasal dari HP, dengan pengalihan berita, dsb. Pemikiran ini adalah salah. Karena berita-berita tersebut justru akan mempengaruhi mind kita.



5. Pengaruh dari cahaya

Pengaruh dari cahaya ini akan memberikan efek yang berat bagi manusia. Cahaya yang terdapat dalam alat elektronik sangat berbahaya bagi mata kita. Hal ini dikarenakan mata kita pada dasarnya tidak dilengkapi dengan perangkat khusus untuk melihat sumber cahaya. Jika kita bandingkan dengan zaman dahulu, saat belum ada teknologi yang begitu pesat seperti sekarang. Pengaruh dari cahaya tersebut tidak begitu besar seperti zaman sekarang. Selain itu, yang lebih berbahaya lagi adalah bila kita melihat sumber cahaya maka akan mengaktifkan brain kita dan meninggalkan impression bahwa ini masih pagi hari, sehingga otak tidak akan bisa membedakan antara pagi atau malam hari.

Ditambah lagi dengan adanya berbagai macam jenis lampu. Zaman dahulu, lampu belum begitu banyak sehingga ruangan masih dalam kondisi remang-remang. Bagi kalian yang terbiasa tidur dengan kondisi lampu menyala, maka hindari lampu neon (white light) di dalam kamar tidur. Usahakan pakailah lampu yang berwarna kuning atau remang (yellow light), karena dapat memberikan efek rileksasi.


6. Harus bisa mengatur pikiran

Pada akhirnya kita harus mengatur pikiran kita. Setelah pulang dari kantor sekitar jam 6 atau 7 malam, sebaiknya kita tidak lagi membahas persoalan di kantor, atau persoalan-persoalan berat lainnya. Kita bisa duduk santai sambil minum wedang, atau istilah jawanya disebut "wedangan". Ini adalah suatu hal yang bagus, karena kita dapat bersosialiasi sambil mengobrol ringan dan bercanda, membicarakan banyak hal. Kita bisa bicara tentang musik, dan berbagai hal secara tidak teratur, dan tidak fokus. Dengan begitu si monkey mind akan ikut terhibur, akhirnya capek sendiri, dan setelah pulang kita akan langsung tertidur. Sebenarnya pikiran-pikiran yang tidak seharusnya kita pikirkan hanya karena rasa ingin tau (kepo) inilah yang membuat kita menjadi susah tidur. Oleh karenanya, mulailah memikirkan mind tersebut dengan memberikan pekerjaan-pekerjaan ringan di sore atau malam hari. Jangan diberikan pekerjaan yang berat agar mind ini rileks dan siap untuk bersitirahat.


7. Jangan di-pending atau menunda suatu hal

Untuk penyelesaian jangka panjang dari masalah insomnia (susah tidur) ini kita harus memangkasnya sampai ke akar pemasalahannya. Kebanyakan dari kita, sangat suka menunda suatu hal. Kita maunya untuk mengumpulkan (diendapkan) semuanya dulu baru diselesaikan. Ini adalah pemikiran yang keliru. Karena segala sesuatu tidak akan pernah bisa mengendap, yang ada malah menimbulkan keraguan, tanda tanya (apa-bagaimana), kegelisahan di dalam diri. Oleh karenanya, selesaikanlah permasalahan pada saat itu juga. Seperti yang Kabir katakan yaitu apa yang ingin kamu lakukan besok, lakukan hari ini, apa yang ingin kamu lakukan hari ini lakukan sekarang. Intinyaa jangan dipending agar tampungannya tidak terlalu banyak. Kita harus bisa mengelola pikiran kita sendiri.


8. Lakukan humming

Untuk jangka pendeknya bila orang sudah mengalami insomnia (susah tidur) maka dapat melakukan humming secara rutin. Humming dapat dilakukan dengan cara: menarik napas panjang mengisi perut dengan udara segar sambil mengembungkan perut, kemudian menghembuskan atau membuang napas sambil mengempiskan perut. Saat membuang napas sekaligus sambil menyuarakan suara "mmmmmmm......" dilakukan dengan mulut tertutup. Getarannya akan terasa di sekitar kepala. Lakukan humming beberapa menit dua kali sehari, pagi dan sore.

Ada pengalaman menarik dari seorang dokter: Beliau sudah 16 tahun mengalami insomnia akut, hampir tidak bisa tidur. Setelah datang ke Ashram dan berlatih meditasi, suatu malam Beliau bisa tidur dan tidak percaya hal itu bisa terjadi pada dirinya. Selain meditasi, hal-hal negatif di luar diri juga harus diselesaikan agar kita mengatasi insomnia ini.


9. Harus bisa mendisiplinkan diri

Jika ada persoalan berat atau urgent pasti seseorang akan langsung menelepon, tidak melalui whatsapp. Coba pikirkan saat kita sedang benar-benar membutuhkan jawaban segera, kita pasti langsung menelepon, tidak menunggu jawaban di whatsapp. Jadi sudah tidak ada alasan lagi, setelah jam 8 malam untuk kita tetap menggunakan whatsapp, kecuali untuk mencari informasi-informasi tertentu. Jadi, taruhlah dan matikan HP benar-benar dalam keadaan switch off! Jika masih mau menerima telepon saja, kita bisa matikan (mute) notifikasi untuk whatsapp ataupun aplikasi chatting yang lain. Hal ini untuk membantu mind kita agar tidak gelisah dan tidak terganggu sehingga dapat memudahkan kita untuk tidur.



10. Minumlah susu hangat

Jangan terlalu banyak minum air putih sebelum tidur, karena hal ini akan membuat kita menjadi mudah terbangun, untuk buang air kecil di tengah malam. Jika tidak memiliki suatu alergi kita dapat mengkonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur. Berilah sedikit madu untuk menghindari gula putih, karena gula putih dapat mengaktifkan tubuh. Jika bisa tanpa madu dan tanpa gula putih, maka akan lebih bagus. Yang terpenting adalah susu harus dalam kondisi hangat dan jangan dingin ya! Hal ini dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga cepat tidur.



INGAT!

Cara yang paling ampuh dalam mengatasi insomnia (susah tidur) adalah dengan memanage pikiran kita sendiri. Salah satu cara untuk memanage pikiran adalah dengan latihan humming. Humming merupakan salah satu teknik meditasi yang diberikan di Anand Krishna Centre yang merupakan racikan dari Guruji Anand Krishna. Sebetulnya teknik humming tersebut tidak berdiri sendiri, teknik tersebut adalah salah satu bagian dari latihan emotion culturing, namun saat sedang urgent atau dalam kondisi gawat darurat latihan humming saja bisa dilakukan untuk pertolongan pertama. Jika ingin menyelesaikan sampai ke akarnya maka harus dilakukan latihan secara lengkap. Penasaran apa saja dan bagaimana latihan lengkapnnya?



SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618