Cari

Meditasi dan Medis

Penyakit Dimulai dari Mind Kemudian Mengekspresikan ke Tubuh

Kita mengenal 2 macam penyakit, penyakit psikis yang berkaitan dengan mind manusia, dan penyakit organik yang berkaitan dengan tubuh manusia. Bila kita jatuh sakit, mana yang sakit duluan, mind kita atau tubuh kita?


Dan, penyakit dimulai dari mind. Kemudian, ia mengekspresikan ke tubuh kita, ke organ kita, ke sel-sel dalam tubuh yang membentuk organ. Biasanya, setelah penyakit sudah menular ke tubuh, kita baru menyatakan orang itu sakit. Berarti, kalau tubuh kita sakit, sesungguhnya ada yang tidak beres dengan mind kita.


Sebab itu, dalam program-program pelatihan yang diberikan Bapak Anand Krishna di Anand Ashram, ada yang disebut Mind Culturing — Membudayakan Mind, Mengelola Mind. Badan hanyalah alat dari mind. Makanya, yang harus diolah dengan baik, diobati, adalah mind, bukan badan. Memang betul, bila badan sudah terlanjur sakit, harus ada penanganan pertama dengan memberinya obat atau perawatan Iain. Tetapi untuk selanjutnya, mind yang harus diolah, dirawat, atau dalam bahasa Bapak Anand Krishna, dibudayakan.


Ilmu Medis modern baru mengakui hal ini. Para ilmuwan kita baru bisa menerima mind sebagai penyebab utama segala macam penyakit. Riset membuktikan bahwa 75 persen yang kita derita disebabkan oleh mind, sisanya karena virus, kecelakaan dan lain sebagainya. Padahal, para Master, para ahli yoga misalnya, sudah menyimpulkan hal itu ribuan tahun sebelumnya.


Bapak Anand Krishna, bahkan berkesimpulan bahwa 25% penyakit yang menurut para ilmuwan kita tidak disebabkan oleh mind, sebetulnya masih juga berkaitan dengannya. Contohnya, orang yang tenang, daya tahan tubuhnya membaik, sehingga ia dapat bertahan terhadap serangan virus. Sebaliknya, orang yang tidak tenang, dalam keadaan stress, daya tahan tubuhnya anjlok, tidak mampu bertahan. Orang yang sakit karena emosinya selalu bergejolak, walaupun diobati sevara medis, selama emosinya tidak dikelola dengan baik, penyakitnya akan muncul lagi.


Lapisan Kesadaran yang Lebih Tinggi Dapat Mengatasi Gangguan Pada Lapisan Kesadaran di Bawahnya

Lapisan Ketiga: Manomaya Kosha, Mind berada di atas Lapisan Kedua: Pranamaya Kosha atau kesadaran Psikis/Energi.


Ketidakseimbangan pada Lapisan Ketiga atau pada mental/emosional kitas menyebabkan terjadinya kekacauan pada Lapisan Kedua, yakni lapisan psikis/energi. Selanjutnya, energi yang tidak seimbang menyebabkan penyakit pada Lapisan Pertama. lapisan fisik.


Lalu bagaimana mengatasi gangguan pada lapisan kesadaran mental/emosional? Dengan cara mengembangkan kesadaran yang lebih tinggi yakni Lapisan Keempat: Vijnanamaya Kosha atau Inteligensi. Lapisan kesadaran yang lebih tinggi dapat mengatasi gangguan pada lapisan kesadaran di bawahnya.


Contoh Medis Meditasi Yang Konkret


Sesungguhnya sentuhan ibu itu yang menyembuhkan, obat gosok hanyalah sarana pelengkap. Seorang ibu boleh menggunakan merek apa saja, asal ia menggosokkannya dengan penuh kasih.

Ini adalah salah satu contoh Medis Meditasi yang konkret : Obat Gosok dan Sentuhan Ibu. Obat Gosok adalah Medis. Sentuhan Ibu adalah Meditasi. Sebagaimana obat gosok tak dapat dipisahkan dari sentuhan penuh kasih, begitu pula medis tak terpisahka dari meditasi.


Seorang pasien di rumah sakit sesungguhnya memperoleh perawatan Dwi Tunggal Medis Meditasi, itu pula yang menyembuhkannya. Obat-obatan yang diberikan kepadanya adalah Medis. Perhatikan yang diperolehnya dari dokter dan para perawat adalah Meditasi.


Ikutilah Kelas Meditasi Anada's Neo Self Empowerment bersama AKC Joglosemar. Untuk informasi dan pendaftaran bisa klik tombol WhatsApp di pojok kanan bawah ya!



Sumber: (Krishna, Anand. (2016). Ananda’s Neo Self Empowerment, Seni Memberdaya Diri bagi Orang Modern, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)


Baca juga Artikel Yin Yang untuk Raih Hidup Seimbang dan Bahagia


6 tampilan0 komentar