Cari

Yogya Yoga Festival “Pemulihan Mental Hadapi Era Normal Paska Covid”


Dalam rangka memperingati One Earth Yoga and Meditation Festival yang ke-14 dan International Day of Yoga yang ke-8, Yayasan Anand Ashram bersama KADIN DIY menyelenggarakan Yogya Yoga Festival – Live Healthily Live Adaptively pada tanggal 11 Juni 2022 silam di Benteng Vrerdeburg Yogyakarta.


Yoga, sebagai Sains dan Seni Kehidupan merupakan sebuah system komprehensif dan holistik untuk mencapai kebahagiaan dan keseimbangan. Demikian Meditasi yang merupakan bagian dari Yoga tidak lain adalah sembah raga, cipta, jiwa dan rasa seperti yang diungkapkan oleh Sri Paduka Mangkunegoro IX dalam Wedhatama, yang merupakan Warisan Peradaban Dunia yang berasal dari Tanah Jawa. Kemudian, Humanis Spiritual Anand Krishna mengatakan “Tidak hanya satu set latihan fisik, Yoga juga termasuk Meditasi untuk kedamaian mental, diet sehat dan gaya hidup, penajam kecerdasan dan layanan tanpa pamrih melayani masyarakat”.


Sementara itu, Yogyakarta berasal dari 2 kata: “Ayogya atau ayodya” yang berarti kedamaian, dan “karta” yang berarti baik. Dengan demikian Yogya Yoga Festival diselenggarakan oleh KADIN DIY dan Yayasan Anand Ashram, sebagai upaya untuk mencapai kesehatan holistik dan kedamaian diri melalui Yoga dan Meditasi paska pandemi covid-19 yang telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan dari dampak kecemasan, kekhawatiran, dan gangguan kesehatan mental-emosional.



Acara Yogya Yoga Festival ini dibagi kedalam 2 sesi acara yaitu AIM Yoga yang bertema “Pemulihan Mental Hadapi Era Normal Paska Covid” yang dilaksanakal sejak pukul 06.00 pagi dan kemudian dilanjutkan dengan Talkshow yang bertema “Life Skill Enchancement to Face the Challenging Today & Tomorrow” untuk membekali masyarakat agar hidup sehat dan adaptif.


Wakil Ketua Umum Kadin DIY sekaligus Ketua Panitia Yogya Yoga Festival, Iwan Susanto mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk mencapai kesehatan holistik dan kedamaian diri melalui Yoga dan meditasi. Terlebih pasca pandemi Covid-19 yang telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan dari dampak kecemasan, kekhawatiran dan gangguan kesehatan mental-emosional. Karena itu, KADIN dan Yayasan Anand Ashram menginisiasi Yogya Yoga Festival.


Acara Yogya Yoga Festival dihadiri lebih dari 300 peserta yang terdiri dari ekosistem dunia usaha, industri, unsur ASN, serta berbagai komunitas dan media. Iwan Susanto mengatakan harapannya diadakan Yogya Yoga Festival ini masyarakat Jogja bisa merasakan yoga tak sekedar gerakannya saja tetapi juga healing ke dalam. Selain itu diharapkan Festival ini menjadi embrio perkembangan Wellness Tourism, apalagi Yogyakarta juga dikenal sebagai “land of energy” yang bisa memberikan kontribusi positif bagi terwujudnya dunia damai dan sejahtera.



Jangan khawatir bagi Anda yang tidak berkesempatan hadir, Anda bisa menyaksikan keseruan dan manfaat dari acara tersebut melalui tayangan ulang dengan mengunjungi link berikut ya! Semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga sehat selalu.

https://youtu.be/p5QdWzId77E
11 tampilan0 komentar

Postingan Terkait