Cari

TIPS! Memberdaya Neo-Cortex untuk Mengatasi Overthinking

Overthinking adalah keadaan di mana kita terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu. Masih bingung dengan pernyataan tersebut? Mari kita perjelas, barangkali beberapa tahun lalu, kita sering mendengar istilah “gagal move on”. Nah, overthinking adalah keadaan dimana mind (gugusan pikiran dan perasaan) gagal move on dan terus-menerus memikirkan hal yang sama.



Dampak Negatif Overthinking

Overthinking ternyata mempunyai beberapa dampak negatif bagi tubuh kita, antara lain:

· Menghambat kreativitas

· Memicu stress

· Mempengaruhi kesehatan mental

· dll.


Cara Ampuh Mengatasi Overthinking

Dalam tradisi meditasi, ayurveda, dan yoga, masalah overthinking ini adalah masalah yang terjadi pada Manomayakosha (lapisan mind/mental-emosional) sehingga sangat mungkin untuk diatasi dengan cara pemberdayaan diri.


Secara ilmiah, meditasi, ayurveda, dan yoga dapat membantu manusia untuk memanfaatkan neo-cortex yang terkait erat dengan Vigyanmayakosha (lapisan inteligensia/intuisi) yang berada di atas lapisan Manomayakosha. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lima lapisan kesadaran dalam diri manusia, bacalah buku Ananda’s Neo Self Empowerment karya Bapak Anand Krishna.


Alasan di balik pemberdayaan neo-cortex (dan lapisan inteligensia/intuisi) untuk mengatasi overthinking adalah saat seseorang sedang mengalami overthinking, bagian neo-cortex atau human brain terkalahkan oleh lizard brain dan mammal brain sehingga emosinya menjadi tercampur aduk, cemas, dan takut semakin menjadi-jadi sehingga Ia merasa tidak berdaya.



Memberdaya Neo-Cortex untuk Mengatasi Overthinking

Berikut terdapat 3 cara ampuh untuk mengatasi overthinking dengan memberdayakan neo-cortex, antara lain:


1. Fokus pada Penyelesaian Masalah

Saat bagian lizard brain dan mammal brain yang aktif secara berlebihan sehingga seseorang mengalami overthinking, yang terjadi adalah orang tersebut menjadi sangat ketakutan dan cemas akan dampak suatu kejadian. Orang tersebut akan bereaksi secara fight or flight (lawan atau lari) dari kejadian tersebut. Keputusan yang diambil pun bisa keliru karena cenderung emosional dan berdasarkan kebiasaan belaka, bukan berdasarkan pertimbangan terbaik.


Dengan mengalihkan fokus pada penyelesaian masalah, kita akan mulai mengalihkan diri untuk mulai mengaktifkan neo-cortex dan inteligensia. Kita mulai berusaha mempelajari keadaan, mencari alternatif untuk penyelesaian masalah, dan melihat segala sesuatunya dalam kerangka yang lebih tepat.


2. Positive Attitude (bukan Positive Thinking)

Sebagaimana dijelaskan dengan sangat rinci dalam buku Fear Management & The Art of Being Happy, bahwa Positive Thinking tidak membantu sama sekali karena menjejali diri dengan pikiran positif berarti menyangkal adanya sesuatu yang negatif. Dalam hal overthinking dimana memang ada masalah yang terjadi, seringkali kita melawan berbagai pikiran negatif yang muncul dengan menggunakan pikiran-pikiran positif. Barangkali kadang berhasil, tetapi sering sekali gagal karena tetap saja pikiran-pikiran tersebut berseliweran di benak kita.


Maka, positive attitude menjadi lebih relevan. Secara ringkas, Maharishi Anand Krishna menjelaskan prinsip dari Positive Attitude dalam kalimat berikut “Negativitas dalam hidup tidak bisa dihindari dengan berpikir positif. Kembangkan sikap positif dengan mengakui negativitas dan menghadapinya, mengubahnya menjadi positivitas.”



3. Meditasi

Latihan-latihan meditasi adalah latihan-latihan untuk mentransformasikan mind (gugusan pikiran perasaan atau manomayakosha) menjadi inteligensia (intuisi atau vigyanmayakosha). Dengan sendirinya, latihan-latihan meditasi menjadi sarana yang baik untuk mengatasi overthinking.


Salah satu tulisan berjudul “Meditation: Process and Effects” oleh Hari Sharma (2015) dalam jurnal internasional menyebutkan beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah, antara lain:

· Mengurangi stress

· Menurunkan kecemasan & depresi

· Mengatasi rasa sakit (baik fisik maupun psikologis)

· Meningkatkan memori



SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618



Sumber: www.amayi.id


48 tampilan0 komentar

Postingan Terkait