top of page
Cari

Segar Bugar dengan Memperbaiki Pola Napas

Napas merupakan salah satu sumber energi yang besar dalam tubuh kita. Dengan bernapas secara benar, kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit, dan memperkuat daya tahan tubuh. Namun terkadang banyak orang yang mengalami masalah pada tubuhnya karena pola pernapasannya yang kurang baik sehingga berdampak buruk pada segala sisi tubuhnya.


Melatih pola napas penting untuk dilakukan karena dapat mengolah dua lapisan awal kesadaran kita yaitu Lapisan Annamaya Kosha atau Kesadaran Jasmani dan Lapisan Pranamaya Kosha atau Kesadaran Psikis/Energi.

Cara bernapas yang salah dapat mempercepat proses penuaan terutama pada wanita. Selain itu juga dapat menimbulkan gangguan Kesehatan lain seperti haid yang tak teratur, sembelit, pengapuran dan lain-lain.


Manfaat memiliki pola pernapasan yang baik

  1. Meningkatkan kinerja denyut jantung

  2. Merangsang pertumbuhan otak

  3. Meringankan stress

  4. Mengatasi cemas

  5. Mengurangi emosi negative

  6. Menurunkan tekanan darah

  7. Dan lain sebagainya.


Cara memperbaiki pola napas

Duduk santai, lesehan, bersila di atas lantai beralas bisa berupa handuk yang dilipat, karpet atau matras. Pejamkan mata sehingga seluruh kesadaran Anda berfokus pada Latihan, pada diri sendiri, tidak pada hal-hal diluar.

  1. Pernapasa Perut: seperti bayi. Tarik napas, kembungkan perut keluar. Kemudian buang napas, kempiskan perut ke dalam. Lakukan 9 kali atau 9 putaran. Sekali putaran berarti sekali menarik dan sekali membuang napas.

  2. Pernapasan dada: saat menarik napas, dada melebar dan sewaktu membuang napas, dada ciut kembali. Lakukan 9 kali putaran.

  3. Pernapasan Pundak: sewaktu menarik napas, Pundak naik ke atas, dan sewaktu membuang napas, Pundak turun kembali sebanyak 9 putaran.

  4. Pernapasan sempurna: atau kombinasi dari ketiga cara sebelumnya. Tarik napas, sambal mengembungkan perut, melebarkan dada, dan menaikkan Pundak ke atas. Buang napas, perut mengempis kembali, dada ciut, dan oundak turun. Ini pun 9 kali.


Ingin memiliki pola pernapasan yang baik secara teratur? Ikutilah Kelas Meditasi Ananda's Neo Self Empowerment bersama AKC Joglosemar. Karena didalam kelas NSE tersebut, terdapat latihan2 yang membuat pola pernapasan Anda menjadi baik sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit



Postingan Terkait

bottom of page