Cari

Gelisah dan Cemas berlebih? Jangan tunda Istirahat!


Gelisah dan cemas seringkali dianggap sebagai hal yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Namun taukah anda bahwa gelisah dan cemas sebenarnya bersumber dari rasa “tidak berdaya” yang ditimbulkan dari diri sendiri. Jika gelisah dan cemas saja disebabkan oleh diri sendiri, maka solusi paling mudah untuk mengatasi hal tersebut juga harus muncul dari inisiatif diri sendiri yaitu dengan beristirahat


Gangguan Kecemasan dan Gelisah

Banyak orang menghiraukan rasa gelisah dan cemas dengan terus melakukan rutinitas seperti biasa dan berpikir bahwa gelisah dan cemas akan hilang dengan sendirinya. padahal rasa gelisah dan cemas tersebut terus muncul setiap hari bahkan setiap waktu. Beberapa orang akan merasa takut dan khawatir secara berlebih secara terus-menerus setiap hari dan mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Munculnya rasa gelisah dan cemas terus-menerus seperti ini menandakan bahwa anda telah mengalami gejala gangguan kecemasan dan gelisah.

Beberapa gejala bila seseorang telah mengalami gangguan kecemasan dan gelisah adalah sebagai berikut:

  1. Sulit konsentrasi

  2. Khawatir terhadap hal kecil

  3. Susah tidur

  4. Keringat dingin

  5. Mudah lelah

  6. Mudah Panik

Istirahat yang cukup dan teratur

Bila rasa gelisah dan cemas terus datang secara berkala dalam hidup anda, maka anda perlu beristirahat. Cara beristirahat yang paling umum adalah dengan tidur, dengan tidur tubuh akan menjadi lebih sehat, meredakan rasa nyeri, memperbaiki suasana hati, meningkatkan system kekebalan tubuh dan meningkatkan daya ingat seseorang. Waktu tidur tiap orang berbeda-beda dengan rata-rata 7-8 jam.


Terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Berbaring diatas ranjang atau lantai yang beralas

  2. Kedua kaki terpisah atau direnggangkan

  3. Lengan tidak boleh menyentuh badan

  4. Mata tertutup

  5. Bernafas lewat hidung pelan-pelan.

  6. Atur pernapasan. Tarik napas, kembungkan perut. Buang napas, kempiskan perut.

  7. Lakukan keenam Langkah perlahan selama 10 menit.

Dengan beberapa cara diatas, maka pikiran anda akan menjadi lebih jernih dan kegelisahan bisa berubah menjadi pemicu bagi peningkatan kesadaran.


Ikuti Kelas Meditasi Ananda's Neo Self Empowerment bersama AKC Joglosemar, terdapat salah satu latihan NSE yang dapat menghilangkan rasa cemas dan gelisah



Sumber: (Krishna, Anand. (2008). Sehat Dalam Sekejap Dengan Meditasi Dinamis Ananda (MeDinA), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

7 tampilan0 komentar

Postingan Terkait