Cari

Perlukah kita MEDITASI?


Bagaimana menurut kalian?

"Kayanya nanti-nanti aja deh kalau udah tua, sekarang sih masih butuh yang energik ya"

"Meditasi? Boring ngga sih? Yang ada pasti aku ngantuk deh"

"Meditasi itu ngapain sih? Cuma duduk diam itu ya?"

Dan masih banyak lagi pemikiran-pemikiran lain dari kita seputar meditasi ini. Sebenernya itu semua adalah pola pikir jaman dulu karena sekarang justru meditasi sedang hits dan banyak dilakukan oleh semua kalangan.



Mengapa bisa terjadi?

Semasa pandemi ini, pola pikir dunia sudah berubah. Meditasi yang dulunya dianggap sebagai sesuatu yang boring, optional, dan hanya untuk kepercayaan tertentu, sekarang sudah terbuktikan bahwa meditasi justru diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Menurut WHO (World Health Organization) saja juga menyarankan untuk melakukan meditasi.


Berikut beberapa alasan perlunya kita melakukan meditasi, antara lain:


1. Meditasi meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan meditasi maka dapat menurunkan tingkat kolestrol, menstabilkan tekanan darah, dan semua itu sudah dibuktikan secara ilmiah. Melansir dari Medical Daily, riset yang diterbitkan dalam jurnal Psychocomatic Medicine telah membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan kadar antibody atau protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh ketika mendeteksi antigen. Bahkan manfaat tersebut dapat kita rasakan hanya dalam delapan minggu pertama kali rutin mempraktikan meditasi.



2. Meditasi mempercepat tingkat pemulihan serta meremajakan

Meditasi dapat melatih kita untuk lebih positif attitude. Jika pikiran kita sering tidak jernih, maka meditasi dapat membantu kita. Pikiran yang masih sering kesana kemari, sehingga kita tidak fokus untuk menuntaskan suatu pekerjaan. Permasalahan susah untuk fokus ini dapat kita atasi dengan rutin melakukan meditasi.



3. Meningkatkan Kognitif

Menurut penjelasan Psychology Today, kecemasan adalah sebuah keadaan kognitif yang berhubungan dengan ketidakmampuan seseorang untuk mengatur respon emosinya ketika dihadapkan oleh situasi yang mereka anggap ancaman. Nah menditasi ini, dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang untuk mengatur emosinya. Jadi setiap saat kita merasa cemas maka lakukanlah meditasi. Jika kehidupan sehari-hari sudah cukup membuat kita stres, maka meditasi adalah salah satu obat yang dapat menurunkan stres tersebut Ketika kita sedang meditasi, kesadaran kita dialihkan sehingga kita lebih attentive dan dapat menyingkirkan benang kusut pikiran yang menyebabkan kita stress. Jadi dengan meditasi akan lebih memberikan dampak baik pada kesehatan jasmanai dan mental emosional kita.



4. Meningkatkan Kesadaran

Meditasi juga dapat meningkatkan kesadaran diri kita dengan kesibukan kita sehari-hari. Segala kegiatan yang terjadi disekitar kita, membuat kita semakin sulit untuk menghubungkan diri kita sendiri. Inilah yang disebut dengan self awareness. Kesadaran diri ini adalah proses untuk memahami diri kita sendiri yang sesungguhnya terkoneksi dengan true self. Jadi dengan meditasi ini, kita dapat melakukan perjalanan kedalam diri bukan dengan mencari pelarian seperti: jalan-jalan keluar kota, ke mall, atau ke tempat-tempat wisata lain. Namun diri kita sendiri justru sering diabaikan, sehingga kita sering stres dan gelisah karena itu.



5. Meditasi dapat mengatasi Insomnia

Dalam riset 2015 yang diterbitkan di AMA Internal Medicine Trusted Source, peneliti telah membuktikan bahwa peserta yang melakukan meditasi yang berlangsung sekitar enam minggu, mengalami penurunanan gejala insomnia dan tidak lagi mengalami kelelahan di siang hari.

Menurut penelitian tersebut manfaat ini terjadi karena meditasi meningkatkan respon relaksaki sekaligus kontrol sistem saraf otonom yang mempengaruhi pola tidur kita. Selain itu, meditasi juga membantu meningkatkan hormon melatonin yang memicu rasa kantuk, menurunkan detak jantung, dan tekanan darah, sekaligus mengaktifkan bagian otak yang mengontrol tidur.



INGAT!

Ibaratkan meditasi itu seperti sesuatu hal yang kita perlukan setiap harinya, seperti kita membutuhkan makan setiap harinya. Atau membutuhkan BAB setiap hari agar perut ini tidak kembung, tidak buncit, dan tidak menimbun toksin di dalam tubuh. Begitu juga dengan meditasi ini, anggaplah sebuah asupan setiap harinya bagi kita melalui panca indra. Jika kita timbun terus menerus di dalam pikiran dan tidak ada proses pembuangan setiap hari, maka sembelit lah pikiran kita ini dan dapat mengakibatkan mind furns (pikiran yang kacau).



SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Rabu Pukul 19.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618



sumber : “Perlukah Meditasi?”

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://youtu.be/3it6iVNF8dU


26 tampilan1 komentar

Postingan Terkait