top of page
Cari

Ingin bisa tidur nyenyak walau sedang banyak masalah? Meditasi solusinya!


Apakah meditasi dapat membuat Anda tidur nyenyak ketika sedang ada banyak masalah, banyak pikiran? Sebelum kita masuk pada pembahasan tersebut. Mari kita membaca kutipan di bawah ini. Anda pasti juga pernah mendengarnya.


Uang dapat membeli Tempat Tidur tetapi tidak Tidur Nyenyak

Ada salah satu peserta yang mengikuti latihan Meditasi di Anand Ashram, yaitu seorang ibu rumah tangga. Ibu tersebut mempunyai kesulitan dalam hal tidur nyenyak. Ia mengaku tidak ada masalah besar yang harus dihadapi, tidak juga pikiran-pikiran yang membebani. Ia hanya tidak bisa tidur saja.


Sudah membeli tempat tidur mahal, mengecat kamar tidur, konsultasi ke dokter di luar negeri, mencoba segala cara tetapi tidak berhasil. Ia punya cukup uang untuk membeli semua itu, tetapi ternyata uang tidak bisa membeli tidur lelap. “Apakah meditasi bisa membuat saya tidur lelap?” Kata beliau.


Menurut statistik yang dilakukan oleh Jobstreet.com bahwa 62% staff di Jakarta tidak bisa tidur nyenyak karena masih memikirkan pekerjaannya terus di rumah. Terkadang hari libur atau cuti tetap bayang-bayang pekerjaan masih menghantui.


MEDITASI MENEMUKAN AKAR MASALAH DI DALAM DIRI

Peserta tersebut mencari penyebabnya dari luar diri tetapi tidak juga membuatnya tidur nyenyak. Akhirnya sampai juga ke Anand Ashram dan mengikuti pelatihan meditasi. Bapak Anand Krishna, pendiri dari Yayasan Anand Ashram pada tahun 1991 juga mengalami hal yang sama dengan penyakit Leukimia (Kanker Darah). Beliau tidak bisa tidur, tetapi berkat latihan-latihan meditasi penyakit Leukimianya sembuh dan tidur kembali nyenyak.


Meditasi membuat kita bisa mendiagnosa ke dalam diri dan mencari akar atau sumber dari masalah yang kita alami saat ini. Banyak peserta-peserta meditasi di Anand Ashram mengalami kesulitan tidur. Tetapi setelah mengikuti pelatihan meditasi, pikiran menjadi lebih tenang, perasaan damai dan kemudian tidurpun menjadi nyenyak.


HUBUNGAN NAPAS DAN PIKIRAN

Banyak masalah, keinginan, obsesi, tuntutan akan membuat manusia mempunyai banyak pikiran yang bila tidak diatur akan membuat kita sangat terganggu. Pikiran yang tidak bisa diatur dan menganggu tersebut bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Ketika kita sedang liburan, pikiran pekerjaan muncul menganggu. Ketika kita sedang makan enak, pikiran kenangan buruk membuat kehilangan selera makan. Ketika sedang tidur, pikiran tentang kesalnya kita pada seseorang membuat kita tidak bisa tidur nyenyak.


Bagaimana mengatur pikiran? Bagaimana menghilangkan pikiran? Bagaimana mengosongkan pikiran?

Menurut Bapak Anand Krishna dan dari pengalaman beliau serta bisa juga lebih lengkap baca di buku beliau Meditasi dan Neo Zen Reiki, mengatakan bahwa pikiran tidak bisa dihilangkan atau dikosongkan secara total. Pikiran tetap ada, tetapi harus dikendalikan dan bukan sebaliknya malah kita dikendalikan oleh pikiran.


Bagaimana mengendalikan pikiran? Jawabannya adalah dengan napas!

Meditasi akan membuat kita menyadari napas, semakin napas kita menjadi pelan, pikiran akan semakin jarang dan lama kelamaan pikiran-pikiran tersebut tidak akan menganggu lagi. Tetapi di Anand Ashram, ada latihan meditasi tertentu yang diberikan untuk lebih mudah memasuki alam meditasi.


SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via ZOOM Online Selama Pandemi

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Kamis Pukul 19.00

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Rabu Pukul 19.00

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618

Postingan Terkait

bottom of page