Cari

Rahasia Keluarga Harmonis



Persahabatan Itulah Tujuan Perkawinan

"From now onwards, we are friends. Mulai sekarang, sejak detik ini juga kita berteman." (Dikutip dari buku 7 Steps Toward a Happy Marriage - Anand Krishna)

Persahabatan adalah sesuatu yang luar biasa. Persahabatan adalah langkah awal menuju Pertemuan Agung. Persahabatan dengan sesama manusia adalah anak tangga yang dapat mengantar kita kepada-Nya.

Persahabatan tidak membutuhkan perekat lagi. Cinta pun sudah tidak dibutuhkan sebagai perekat, karena persahabatan lahir dari cinta itu sendiri, bagaikan garam dalam air laut. Cinta sudah ada dalam persahabatan. Garam masih dapat dipisahkan, diekstrak dari air laut, cinta tidak bisa dipisahkan dari persahabatan. Tidak ada persahabatan tanpa rasa cinta.

"Our friendship is now complete, I therefore promise in good faith and with pure mind that I shall not cause your disturbance in all your beneficial undertakings. I love you and love such undertakings of yours. Sempurna sudah persahabatan kita, maka aku berjanji tak akan mengganggumu dalam usaha-usahamu yang menguntungkan dan demi kebaikan sesama. Aku mencintai dirimu dan segala kegiatanmu itu." (Dikutip dari buku 7 Steps Toward a Happy Marriage - Anand Krishna)



Wilayah Suci Perkawinan

Kepentingan kita pun sudah tidak relevan lagi. Kepentingan keluarga dan kita harus mengalah pada kepentingan sesama. Dari aku ke kamu, dari kamu ke kita dan dari kita ke semua atau sesama. Inilah perjalanan hidup. Inilah tujuan perkawinan.

Bila kita ingin menikah karena urusan selangkangan semata, kita belum layak untuk itu. Bila kita ingin menikah hanya untuk memperoleh keturunan, sebaiknya kita memungut seorang yatim piatu. Namun, bila kita ingin mencapai kesempurnaan diri lewat perkawinan, lewat persahabatan, masukilah wilayah suci ini dengan penuh percaya diri.

Masukilah wilayah suci ini demi kesucian dan penyebaran kesucian. Sebarkan kesucian! Berbagilah kesucian itu dengan sesama manusia, dengan sesama makhluk hidup! Pasangan kita adalah sahabat kita dalam tugas suci ini. Inilah makna perkawinan yang dikenal oleh budaya asal kita; makna yang sudah terlupakan lama. Kita boleh beragama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu, apa saja… makna perkawinan ini tidak melanggar nilai-nilai dasar yang ada dalam agama kita, karena makna perkawinan ini bersifat user friendly. Sangat layak bagi manusia dan kemanusiaan di dalam dirimu.


Pasangan Adalah Titipan Tuhan

Pasangan kita bukanlah milik kita, karena hanya Dialah Pemilik Tunggal Alam Semesta – Al Malik. Syukurilah keberadaannya di samping Anda, karena Ia telah menitipkannya kepada Anda.

Sahabatku, saudaraku, dengan kesadaran seperti inilah hendaknya kita mengisi perkawinan kita, maka kebahagiaan pun akan datang sendiri. Kemudian, sebarkan kebahagiaan ini ke seluruh kota, ke seluruh negeri, ke seluruh dunia. Itulah langkah pertama menuju kedamaian dunia, kedamaian alam semesta.


Perlukah Anda Membaca Buku ini?

Saptapadi adalah tujuh langkah bagi mereka yang hendak menjadikan perkawinan tempat berpijak untuk memasuki Pertemuan Agung.

Saptapadi adalah tujuh langkah bagi mereka yang tak ingin perkawinan hanya menjadi pertemuan antara dua badan di atas satu ranjang.

Saptapadi adalah tujuh langkah bagi mereka yang ingin perkawinan menjadi sarana untuk tumbuh dan berkembang bersama menjadi manusia sempurna.

Saptapadi adalah warisan bagi kita yang mendambakan kesucian sebuah perkawinan...kebahagiaan yang sejati.


Sepasang suami isteri yang bertahan dalam perkawinannya, dan hidup bersama dari hari ke hari adalah sebuah mukjizat.

- Bill Cosby


Sejak awal-mula dunia ini, perkawinan tetap menjadi sebuah misteri. Mereka yang belum kawin ingin kawin; mereka yang sudah kawin ingin mengakhirinya.

- Ralph Waldo Emerson


Seorang perempuan mengawini seorang pria dengan penuh harapan bahwa pada suatu ketika pria pilihannya akan berubah. Seorang pria mengawini seorang perempuan dan berharap ia tak pernah berubah. Karena itu, keduanya kecewa.

- Albert Einstein


Simak juga video berikut dari Guruji Anand Krishna yang membahas tentang "Warna Warni Rumah Tangga" agar rumah tangga kita selalu harmonis ya!

https://youtu.be/zYi1UiZrDew

22 tampilan0 komentar

Postingan Terkait