Cari

POSTUR YOGA ini Dapat Mengatasi Perut Buncit

Diperbarui: 16 Mar

Pasti diantara kita sering muncul beberapa pertanyaan ini di pikiran:

"Bagaimana sih cara mengatasi perut buncit?"

"Apa sih yang harus dilakukan agar perut ini tidak buncit?"

" Bagaimana sih mengurangi lemak di sekitar perut?"

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain seputar mengatasi perut buncit.

Berikut pentingnya menghilangkan lemak di sekitar perut kita:

  1. Karena jika lemak tersebut menumpuk, itu menandakan bahwa metabolisme kita lambat. Akibatnya semua lemak tersebut akan menumpuk di perut ini. Namun jika otot perut kita kencang, maka metabolisme kita akan lebih cepat dan dapat memproses semua makanan yang masuk ke tubuh ini sehingga kita menjadi lebih sehat.

  2. Karena dapat meningkatkan resiko penyakit-penyakit seperti diabetes, jantung, darah tinggi, tumor, kanker, dsb. Maka penting sekali untuk menjaga lingkar perut yang ideal. Lingkar perut ideal untuk pria adalah <102cm sedangkan untuk wanita adalah <90cm. Jangan sampai kelebihan ya! Kalau sudah kelebihan segera lakukan postur yoga berikut ini.

  3. Karena jika lemak tersebut menumpuk maka energi tidak akan tersebar ke seluruh tubuh. Akibatnya dapat membuat kita menjadi cepat letih, lelah, lesu, dan tidak bertenaga. Hal ini membuat kita susah untuk fokus dan berpikir aktif dalam beraktivitas sehari-hari.


Berikut tipsnya!

5 postur yoga yang dapat mengecilkan perut buncit, dilakukan setiap hari selama 5 menit saja.


A. Postur Ular (Bhujangasana)

Latihan ini jangan dilakukan jika baru saja menjalani operasi perut karena berbahaya. Otot-otot perut seperti ditarik dan dikencangkan sehingga dapat melumerkan lemak yang ada di sekitar perut. Lakukanlah sambil tarik napas dan buang napas secara bergantian.


B. Postur Gunung (Parvatasana)

Lakukan postur ini dengan duduk sila, lalu angkat kedua tangan sehingga kedua telapak tangan menempel diatas kepala. Lakukan dengan variasi dimana ketika menarik napas posisi badan ditengah. Dan ketika buang napas miringkan badan ke kanan, pertahankan beberapa saat. Ulangi dan miringkan ke kiri, lakukan secara bergantian sebanyak 3 - 5 kali.


C. Postur Segitiga (Trikonasana)

Postur ini hampir mirip dengan gerakan senam pada umumnya, namun yang membedakan adalah bukan melakukannya secara berkali-kali sambil berdiri dan menyentuh kaki, tetapi pertahankan posisi ini selama 1 menit. Jika ada masalah sakit saraf di pinggang maka lakukanlah dengan sangat hati-hati.


D. Postur Melepas Angin (Pavanamuktasana)

Lakukan postur ini dengan variasi berikut:

ketika tarik napas, angkatlah satu kaki. Dan ketika buang napas tekukkan kaki dengan tangan memeluk kaki. Pertahankan posisi ini beberapa saat dan lakukan napas normal. Terakhir buang napas, sambil lepaskan pelukan dan kembalikan kaki pada posisi lurus. Lakukan hal ini secara bergantian kaki kanan - kaki kiri.


Lakukan hal yang sama, namun dengan kedua kaki bersamaan. Ketika tarik napas angkat kedua kaki lalu buang napas tekukkan kaki dengan tangan memeluk kaki. Pertahankan posisi ini beberapa saat dan lakukan napas normal. Terakhir buang napas, lepaskan pelukan tersebut dan kembalikan kaki pada posisi lurus.


E. Postur Berdiri (Padangusthasana)

Lakukan postur ini dengan mengangkat kaki ke depan atau ke samping dengan tangan memegang ibu jari kaki tersebut. Jika sering melakukan postur ini maka kita akan melatih keseimbangan tubuh dan otomatis membantu mengencangkan otot perut juga.



TIPS!

Untuk mengecilkan perut yang paling ideal lagi adalah dengan menggabungkan 5 postur yoga tersebut dengan olahraga yang lain. Namun jika tidak punya waktu untuk melakukan olahraga lain, maka cukup lakukan jogging setiap hari selama 30 menit saja, baik pagi atau sore hari.

Selain itu, perhatikan juga pola makan kita. Sebaiknya hindarilah junk food, gorengan, dan makanan berlemak. Karena jika ingin hidup sehat maka milikilah kualitas hidup yang baik juga. Jika badan kita sehat maka mental health otomatis akan ikut baik, begitu pula sebaliknya.

Stay healthy ya!



SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Rabu Pukul 19.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618



sumber : "Hanya 5 Menit! Postur Yoga ini Dapat Mengatasi Perut Buncit"

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://youtu.be/pGeUKbkH3FE



23 tampilan1 komentar

Postingan Terkait