Cari

Pentingnya RASA BOSAN dalam Hidup

Diperbarui: 22 Mar


Apa itu Bosan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bosan adalah suatu perasaan ketidaksukaan lagi karena sudah terlalu sering atau banyak (jemu) sehingga merasakan kejenuhan.


Pada dasarnya manusia adalah pembosan karena perkembangan lapisan kesadaran emosionalnya yang telah mecapai tingkat cukup tinggi. Emosi selalu mengalami pasang surut dan itu menyebabkan seseorang cepat bosan dengan suatu keadaaan.



Berikut beberapa penyabab munculnya bosan didalam diri, antara lain:

1. Pikiran yang monoton

Kebosanan mirip dengan kelelahan mental yang disebabkan oleh pengulangan berkali-kali.

2. Kurangnya arus dan tantangan

Bosan bisa disebabkan karena seseorang mendapatkan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuannya atau dapat dikatakan tugas yang diberikan kurang menantang.

3. Kebutuhan akan suatu hal baru

Orang yang sangat membutuhkan kebaruan, kegembiraan, dan variasi didalam hidupnya berisiko mengalami kebosanan.

4. Kesadaran emosional

Emosi yang tidak terkendlikan akan membuat kita gelisah, dan kegelisahan ini dapat menimbulkan kebosanan yang nantinya menimbulkan berbagai macam penyakit di dalam diri.


Tetapi, pernahkah kita melihat binatang merasa bosan?

Bayangkan seekor anjing yang diberi daging setiap hari, kucing yang diberi susu setiap hari, kambing maupun sapi yang dberi rumput setiap hari; mereka tidak pernah mengeluh dan merasa bosan dengan itu. Mereka juga tidak pernah merasa bosan untuk tinggal di suatu tempat yang sama dalam kurun waktu yang lama.


Bagaimana dengan manusia?

Kita sering merasa bosan jika harus melakukan hal yang sama atau monoton setiap harinya.

Kadang terpikir "Hari ini sarapan apa ya? Kemarin sarapan pecel? Hari ini sarapan soto aja ah"

atau "Hari ini pakai baju warna apa ya? Kemarin udah warna merah, hari ini mau warna biru ah"

dan masih banyak lagi pemikiran manusia untuk tidak melakukan hal yang sama setiap harinya untuk menghindari kebosanan tersebut.


Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena manusia diberikan Intelegensia yaitu suatu kemampuan untuk menerapkan pengetahuan yang sudah ada untuk memecahkan berbagai masalah, dapat juga disebut kecerdasan dalam berpikir. Hal ini didukung pula dengan adanya Neocortex pada bagian otak manusia yang dianggap paling mempengaruhi kecerdasan sosial


Lantas bagaimana seharusnya?

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan rasa bosan tersebut, karena kita sebagai manusia diberikan kreatifitas agar berupaya untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif. Tinggal bagaimana cara kita untuk menjadikan rasa bosan tersebut menjadi suatu dorongan agar kita dapat membangun hal-hal yang baru. Jika kita tidak pernah merasa bosan, kita tidak akan pernah menciptakan sesuatu hal baru tersebut.


"Rasa bosan tersebut mesti diolah, dibudayakan, dan diarahkan kearah yang positif"


Beberapa analoginya seperti ini:

- Pada zaman dahulu orang purba tinggal dan menetap di dalam gua, lama kelamaan muncullah rasa bosan karena mereka merasa kepanasan, kedinginan, bahkan harus berebut dengan hewan-hewan lain seperti beruang, serigala, dll. Maka munculah ide untuk membuat model rumah yang lebih nyaman seperti sekarang.

- Saat kita merasa kepanasan maka muncullah ide untuk membuat suatu hal yang dapat menyejukkan diri maka terciptalah kipas angin. Namun lama kelamaan kipas angin juga dapat menyebabkan masuk angin, muncullah rasa bosan dan terciptalah AC.


Jadi dapat kita simpulkan, apabila rasa bosan tersebut kita arahkan ke hal yang lebih positif dan semakin kreatif maka dapat memunculkan hal baru yang dapat berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Kita tidak lagi memikirkan diri sendiri, melainkan kepentingan bersama. Berdasarkan penelitian ternyata orang yang merasa bosan dan dapat membudayakannya, maka akan sering melakukan kegiatan charity.


Ingat!!!

Rasa bosan merupakan suatu attitude atau sikap yang sebenarnya dapat diubah, maka bagaimana kita bisa menyikapi kebosanan tersebut untuk menghasilkan suatu hal yang baru dan dapat berguna bagi orang lain juga ya. Oleh karena itu, kita membutuhkan pengolahan mental emosional yang merupakan salah satu teknik meditasi dalam Neo Self Empowerment.



sumber : "Pentingnya Rasa Bosan dalam Hidup"

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://www.youtube.com/watch?v=zORFZuZMnpM

13 tampilan0 komentar

Postingan Terkait