Cari

Cara Mengatasi Ketakutan yang Berlebihan

“Jangan takut, hadapi segala tantangan dengan senyuman!”

Ya, memang betul…tapi, bagaimana caranya??

Bagi seseorang yang sedang ketakutan, rasa takut itu terasa sangat nyata. Kecemasan, kegelisahan, dan berbagai perasaan yang muncul akibat rasa takut pun terasa nyata – Ia bahkan merasakan hingga ke sumsumnya.

Terlebih saat pandemi COVID-19 melanda, fenomena wabah penyakit yang menyebar dan terjadi secara luas di masyarakat dapat menambah rasa takut masyarakat sehingga mengalami ketakutan yang berlebihan. Hal ini pun masih terasa sampai sekarang. Ketakutan yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ketakutan yang berlebihan? Ketakutan berlebihan dapat diatasi dengan melakukan perawatan diri sendiri melalui: 1. Meditasi 2. Ayurveda 3. Yoga

#1 Mengatasi Ketakutan yang Berlebihan melalui Meditasi

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Jon Kabat-Zinn, dkk (1992) dalam American Journal of Psychiatry pada 22 pasien berusia 26 tahun s/d 64 tahun yang mengalami gangguan kecemasan menyeluruh atau Generalized Anxiety Disorder (GAD) dan gangguan panik, disebutkan bahwa program pengurangan stress berbasis meditasi selama periode tindak lanjut 3 bulan dapat membantu menurunkan gejala kecemasan dan panik. Dalam jurnal tersebut juga disarankan agar Meditasi dilakukan sebagai disiplin harian untuk dipraktikkan secara teratur, sebagai cara menjalani hidup (lifestyle), tidak hanya sebagai teknik untuk mengatasi rasa cemas dan takut.


#2 Mengatasi Ketakutan yang Berlebihan melalui Ayurveda

Ayurveda merupakan salah satu sistem pengobatan tertua di dunia warisan dari Peradaban Sunda Sindhu Saraswati yang membentang dari Afghanistan hingga Australia dimana Nusantara adalah bagian di dalamnya.

Pada kasus yang dialami oleh pria berusia 57 tahun yang didiagnosis menderita Generalized Anxiety Disorder (GAD) dengan gejala mengalami cemas dan takut terus-menerus serta ketidakmampuan untuk bersantai. Seperti disebutkan pada Journal of Ayurvedic and Herbal Medicine (Pillai, dkk, 2018), perawatan berbasis Ayurveda yaitu Nasya (treatment hidung) dan Abhyanga (pijat) diikuti oleh Shamanaushadhis (obat-obatan herbal internal) disebutkan dapat menurunkan skor skala tingkat kecemasan secara signifikan dan menunjukkan perbaikan gejala yang dialami.

#3 Mengatasi Ketakutan yang Berlebihan melalui Yoga

Penelitian yang dilakukan oleh Soni Kumari (2020) dalam Jurnal Internasional berjudul Role of Yoga in Anxiety Disorder menyebutkan bahwa latihan yoga yang teratur dan mengadaptasi serta menerapkan prinsip dan filosofi yoga dalam kehidupan sehari-hari dapat menurunkan tingkat kecemasan, membantu mengatasi rasa takut, dan meningkatkan kesehatan pasien secara keseluruhan.

Oleh Catherine Woodyard (2011) dalam International Journal of Yoga disebutkan beberapa manfaat mempraktikkan yoga yang telah terbukti secara ilmiah yaitu:

  • Meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh,

  • Meningkatkan fungsi pernapasan dan kardiovaskular,

  • Pengobatan kecanduan dan membantu pemulihan,

  • Mengurangi stres, kecemasan, rasa takut, depresi, dan nyeri kronis,

  • Memperbaiki pola tidur,

  • Meningkatkan kualitas hidup

Jadi, tunggu apalagi? Mari kita berdayakan diri kita untuk mengatasi ketakutan yang berlebihan melalui Meditasi, Ayurveda, dan Yoga. Simak juga video berikut untuk tau lebih jelas bagaimana cara mengatasi rasa takut ya!

https://youtu.be/bu3Um-20sro
12 tampilan0 komentar

Postingan Terkait