Cari

TIPS! Untuk Menurunkan Hipertensi

Diperbarui: 16 Mar

Hipertensi adalah istilah medis dari penyakit tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90 dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120. Hal ini disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat atau keliru maka dapat diatasi dengan merubah pola hidup tersebut.


Berikut beberapa cara untuk dapat menurunkan hipertensi antara lain:

1. Olahraga yang Benar

Olahraga tidak perlu yang berat dan jangan sampai terengah-engah. Cukup lakukan jalan kaki setiap pagi selama 45 menit. Hal ini sangat membantu menstabilkan tekanan darah. Akan lebih bagus jika dapat dilakukan lagi pada sore hari selama 30 menit.


2. Pola Makan yang Sehat

Hindarilah semua makanan yang terlalu asin, manis, maupun pedas, apalagi gorengan. Sebaiknya pilihlah makanan vegetarian, karena makanan non vegetarian susah untuk dicerna, akibatnya dapat membebani sistem pencernaan kita dan memicu naikknya hipertensi.


3. Relaksasi

Lakukan beberapa cara relaksasi berikut ini:

a. Lakukanlah postur mayat (savasana), sekitar 5 sampai 10 menit dengan cara berebahan, kemudian bukalah kaki selebar bahu, dan letakkan tangan disamping paha. Usahakan posisi tangan tidak menyentuh paha dan telapak tangan menghadap kearah samping (arah paha) bukan kearah atas maupun kearah bawah

b. Lakukanlah postur duduk (bhadrasana), sekitar 1 sampai 2 menit dengan cara duduk di lantai dengan kedua telapak kaki bertemu. Usahakan kedua telapak tersebut menempel satu sama lain, dapat pula dilakukan dengan bantuan kedua tangan. Usahakan pula posisi punggung tegak lurus dan duduklah dengan rileks.

c. Lakukanlah postur berbaring (yashtikasana) sekitar 5 menit dengan cara berbaring, kemudian kedua tangan diangkat keatas diletakkan ke lantai dan usahakan posisi tangan tetap lurus. Untuk posisi kaki lurus dan saling merapat satu sama lain. Postur ini seakan-akan membentuk seperti balok kayu.


d. Lakukanlah postur berbaring (pranayam)

sekitar 2 sampai 5 menit dengan tetap berbaring, tetapi posisi lutut ditekuk sehingga kedua telapak kaki menapak ke lantai. Hal ini dilakukan untuk mengolah napas dengan cara: tarik napas perut dikembungkan, dan buang napas perut dikempiskan kembali.


NOTES:

Untuk penderita hipertensi, jangan melakukan olahraga berat yang menguras napas. Hindari juga postur suryanamaskar dan segala posisi yang mempertahankan kepala dibawah, contohnya: jangan bersujud terlalu lama karena hal ini akan mengakibatkan aliran darah naik ke kepala sehingga dapat memicu hipertensi.


4. Berhentilah Merokok dan Minuman Beralkohol

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa rokok dan minuman alkohol tidaklah bagus untuk kesehatan tubuh kita. Ingatlah bahwa jika ingin hidup sehat maka hindarilah kedua hal tersebut.


5. Perbanyak Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah adalah makanan yang memiliki banyak vitamin dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Untuk penderita hipertensi maka pilihlah makanan yang dapat merilekskan pembuluh darah seperti: bayam, buah pear, dan strawberry.



6. Menjaga Kesehatan Mental Emosional

Akar permasalahan dari penyakit hipertensi adalah karena seringnya emosi, frustasi, atau stress. Maka itu teknik meditasi dan relaksasi akan sangat membantu. Penderita hipertensi kronis dalam jangka waktu lama dapat merusak hati, ginjal, jantung hingga berujung struk.



SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Rabu Pukul 19.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618