Cari

TIPS! Untuk Mengatasi Asam Urat

Diperbarui: 19 Mar



Apa itu penyakit asam urat?

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh ini memiliki resiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penyakit ini umumnya menyerang pada persediaan laki-laki, namun adapula persendian perempuan yang terkena penyakit asam urat.


Bagaimana gejalanya?

Gejala umum yang sering dialami oleh penderita asam urat adalah ketika ibu jari kaki muncul kista atau pembengkakkan sehingga ketika disentuh atau ditekan akan terasa sakit sekali. Pembengkakkan ini tidak hanya terjadi pada persendian kaki saja, namun juga dapat terjadi pada persendian lutut dan persendian tangan.



Sedangkan untuk gejala tahap awal biasanya tidak mengalami pembengkakkan tersebut, hanya sering mengalami nyeri di bagian persendian tangan atau kaki atau lutut. Dan ketika dicek kadar asam uratnya ternyata sudah tinggi. Itu artinya bahwa didalam darah terjadi pencemaran sehingga mengakibatkan asam urat.


Berikut beberapa sumber penyakit asam urat, antara lain:



1. Sedentary Lifestyle

Dalam Layurveda disebut dengan istilah Sukumara yang artinya orang yang kurang melakukan gerak fisik dalam beraktivitas sehari-hari atau orang yang tidak melakukan olahraga dan menerapkan sedentary lifestyle. Contohnya: terlalu banyak duduk atau rebahan. Istilah gaulnya adalah mager yaitu males gerak.

Sebenarnya apa itu sedentary lifestyle? Menurut Kemenkes, sedentary lifestyle adalah salah satu jenis gaya hidup di mana seseorang kurang melakukan gerak atau pun kurang melakukan aktivitas fisik. Menurut WHO (tahun 2002), sedentary lifestyle merupakan salah satu penyebab utama dari kematian, penyakit, dan kecacatan. Sedentary lifestyle sendiri membawa dampak buruk pada



2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Berikut beberapa hal yang harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar asam urat:

- Makanan yang mengandung protein dan purin tinggi, biasanya adalah makanan non vegetarian. Contohnya: daging merah, jeroan hewan, udang, kerang, kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang arab, sayur kol, dan terong.

- Minuman beralkohol, minuman bersoda karena memiliki kadar gula yang tinggi, serta jus-jus dalam kemasan karena kurang fresh dan mengandung banyak pengawet.

- Hindari setelah makan langsung tidur karena makanan tersebut belum dicerna oleh sistem pencernaan tubuh sehingga dapat menaikkan kadar asam urat.

TIPS! Perbanyaklah minum air putih, air kelapa, jus dengan buah yang fresh seperti: jus timun atau jus kundur yang bagus untuk menurunkan asam urat. Untuk obat herbal yang dapat membantu mengatasi asam urat ada triphala, neem, amalaki, kunyit, dan jahe merah.


3. Riwayat Penyakit Asam Urat pada Anggota Keluarga

Jika terdapat salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit asam urat, maka lebih besar peluangnya untuk mengalami penyakit yang sama (faktor genetik).



LAKUKAN POSTUR INI UNTUK MENGATASI ASAM URAT!

Ada sebuah mudra (postur) yang dapat mengontrol kadar asam urat yaitu dengan Apana Mudra. Karena ketika orang mengalami asam urat, itu berarti terjadi ketidakseimbangan elemen vata (angin) di dalam tubuh ini.





Cara melakukan APANA MUDRA:

"Mempertemukan jari tengah dengan ibu jari serta jari manis ditempelkan juga pada ibu jari. Postur ini dilakukan oleh kedua tangan, dengan posisi duduk bersila dan santai. Kemudian letakkan kedua tangan tersebut diatas paha dengan posisi telapak tangan mengahadap ke atas. Lalu pejamkan mata selama 15 menit dan bernapaslah normal."



SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Rabu Pukul 19.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618





sumber : “Asam Urat Tinggi? Coba Kontrol dengan Cara ini”

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://youtu.be/W4iVieVEeyA

sumber: https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat

42 tampilan1 komentar

Postingan Terkait