Cari

Tips! Untuk Mendetoks Hati atau Liver

Diperbarui: 5 Apr

Apa itu Hati atau Liver??
Apakah sama dengan saat kita merasakan sakit hati karena patah hati??

Hati atau liver merupakan salah satu organ terbesar di dalam tubuh manusia dan paling sibuk bekerja untuk tubuh ini. Ukurannya kira-kira sebesar bola rugbi dan memiliki dua bagian (lobus) kanan dan kiri. Liver terletak di perut kanan atas tepat di bawah tulang rusuk. Liver merupakan organ yang dapat melakukan regenerasi dengan cepat untuk mengganti sel-selnya yang rusak. Akan tetapi, jika sel-sel yang rusak cukup banyak, fungsi dan kerja hati dapat terganggu. Biasanya, fungsi hati akan mulai terlihat penurunannya ketika kerusakan sel-sel hati mencapai 75%. Kerusakan inilah yang disebut dengan penyakit liver.



Penyakit liver adalah istilah yang digunakan untuk setiap gangguan pada hati yang menyebabkan organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa saja, namun dapat pula dialami oleh anak-anak juga bayi. Jika kita tidak menjaga kesehatan liver dengan baik maka racun atau toksin di dalam tubuh akan terakumulasi. Dan jika hal ini terjadi maka akan muncul beberapa penyakit seperti: hepatitis, kanker hati, sakit kuning, dll.


Liver memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh antara lain:

  1. Memberikan nutrisi pada tubuh.

  2. Menyimpan zat besi untuk membentuk hemoglobin, yaitu komponen penghantar oksigen di dalam sel darah merah dan membersihkan sisa metabolisme hemoglobin dengan membentuk dan membuang bilirubin.

  3. Memproduksi empedu yang membantu menghancurkan lemak dan membuang racun di dalam tubuh.

  4. Menghasilkan kolesterol dan protein yang berfungsi menyalurkan lemak ke seluruh tubuh.

  5. Menghasilkan asam amino yang menyusun protein penting untuk melawan infeksi dan membersihkan sisa metabolisme protein yang beracun bagi tubuh.

  6. Menghasilkan asam amino yang menyusun protein penting untuk melawan infeksi dan membersihkan sisa metabolisme protein yang beracun bagi tubuh.

  7. Menyimpan gula untuk cadangan energi dan membantu menjaga keseimbangan gula dalam darah.



Bagaimana cara mengetahui fungsi liver kita sudah tidak berfungsi dengan baik?

Biasanya tubuh kita memunculkan beberapa gejala jika liver sudah tidak berfungsi dengan baik, antara lain:

  1. Munculnya pigmentasi pada kulit, bukan karena kita tidak memakai tabir surya namun karena fungsi liver yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

  2. Rambut cepat beruban sebelum waktunya, dalam Ayurveda hal ini menandakan bahwa pitta atau elemen api terlalu berlebihan di dalam tubuh.

  3. Sulit untuk menurunkan berat badan, padahal sudah melakukan segala cara seperti: mengurangi porsi makan dan rutin berolahraga.

  4. Mengalami anemia, fatik yang kronis, sering merasa lelah dan capek yang berlebihan.

  5. Mengalami bau mulut yang berlebihan, padahal sudah banyak minum air purih dan sudah periksa ke dokter gigi, namun tidak mengalami penyakit gigi.

  6. Air seni (urine) berwarna terlalu kuning dan pekat, sedangkan warna feses berubah menjadi pucat atau kehitaman.

  7. Terjadi pembengkakkan pada kaki atau bagian tubuh lainnya.

  8. Kulit mengalami gatal-gatal, alergi pada kulit, dan mudah memar.

  9. Sering merasa mual dan muntah.


Berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan fungsi liver tidak lagi berfungsi dengan baik sehingga dapat mengakumulasi toksin pada tubuh yaitu:

  1. Akibat dari polusi udara dan polusi air yang tidak bagus.

  2. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang beralkohol serta obat-obatan.

  3. Pola makan yang kurang sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi junk food, makanan yang berlemak, goreng-gorengan. produk hewani (daging-dagingan).

  4. Perokok aktif.

  5. Tercemar oleh pestisida yang terdapat pada makanan, atau bahan pengawet yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi.

  6. Seringnya marah-marah karena saat kita marah, organ tubuh yang paling terbebani adalah liver.

  7. Seringnya bergadang, entah melakukan online dengan terus-menerus main hp, atau menonton film yang berlebihan sampai lupa waktu istirahat.



Lantas bagaimana solusinya untuk mendetoks hati atau liver ini?
"Ubahlah pola hidupmu menjadi RIGHT LIFESTYLE!"

Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut:


1. Mengubah pola istirahat yang tepat.

Dengan cara melakukan tidur tepat pada waktunya yaitu jam 10 atau maksimal jam 11 malam. Mengapa? Karena diatas jam tersebut liver kita mengalami detoksifikasi yaitu bekerja mengeluarkan semua detoks yang ada di dalam tubuh ini, biasanya berlangsung pada jam 11 malam sampai 3 pagi. Oleh karena itu, kita harus beristirahat supaya liver tidak terlalu capek dan dapat bekerja secara optimal.



2. Minumlah segelas air tebu murni.

Lakukan ini pada pagi hari dan dalam keadaan perut kosong. Minumlah rutin selama 15 hari berturut-turut. Hal ini dapat membantu proses detoks liver di tubuh kita.



3. Mengkonsumsi temulawak, kunyit, sambiloto, dan gotu kola.

Gotu kola atau disebut juga sebagai pegagan. Tanaman ini biasa ditanam untuk keperluan herbal, mengandung berbagai kandungan antioksidan, antimikroba, dan antivirus. Manfaat dari gotu kola ini dapat membantu untuk mendetoks liver kita.


4. Mengubah pola makan yang sehat.

Hindarilah junk food, makanan yang berlemak, goreng-gorengan. produk hewani (daging-dagingan). Sebaiknya pilihlah makanan yang vegetarian yaitu dengan perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.



5. Lakukanlah latihan meditasi dan yoga.

Latihan ini dapat dilakukan setiap hari, minimal selama 15 menit. Baik dilakukan pagi hari atau

sore hari. Hal ini dapat membantu fungsi liver kita bekerja secara maksimal.



Ingat! Jika ingin hati atau liver kita tetap sehat dan dapat berfungsi dengan optimal maka ubahlah pola hidupmu menjadi right lifestyle. Karena jika liver kita sudah rusak dan tidak dapat bekerja secara optimal, maka dapat menimbulkan berbagai macam masalah penyakit di dalam tubuh ini.



SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618




sumber : Sedang Mengalami Hal-Hal ini? Segera Detoks Hati/Liver Anda!

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik