Cari

TIPS! Merawat Wajah Secara Alami

Siapa sih yang ngga mau punya kulit wajah sehat dan glowing?

Memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing adalah impian semua orang, apalagi bagi seorang wanita. Seorang ahli kulit sehat pernah mengatakan bahwa kulit wajah yang sehat itu sejalan dengan kebiasaan perawatan kulit wajah yang tepat secara alami dan rutin dilakukan setiap hari. Untuk itu, jangan malas dalam merawat kulit wajah jika ingin mendapatkan hasil kulit yang sehat dan glowing ya!



Perawatan kulit sehat yang alami dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Contohnya seperti: buah beri, brokoli, wortel, dan bayam. Selain itu, produk dengan antioksidan dan vitamin seperti vitamin C dan vitamin E, juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.


Untuk menghindari kulit dari pengaruh faktor lingkungan luar, maka perlu dilakukan juga beberapa upaya perawatan kulit dengan "ramuan alami" yang dapat mendukung agar kulit wajah tetap sehat dan glowing. Berikut beberapa ramuan alami dari Layurveda yang juga merupakan ramuan dari nusantara yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit wajah antara lain:


1. KUNYIT

Bagaimana cara membuat ramuan alami menggunakan kunyit?

"Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan 4 sendok makan tepung kacang hijau. Berikan susu atau air secukupnya, lalu aduk hingga membentuk seperti pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke wajah seperti masker, kemudian biarkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah selesai, bilaslah dengan air hangat dan lihatlah perbedaan pada kulit wajah"

Kunyit mengandung bahan bernama kurkumin. Dimana didalam kurkumin tersebut mengandung anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat membebaskan dari radikal bebas, sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat. Kunyit juga dapat meningkatkan kolagen yang ada didalam tubuh kita. Sedangkan tepung kacang hijau berfungsi untuk membersihkan dan mencerahkan kulit.



2. AIR MAWAR

Bagaimana cara membuat ramuan alami menggunakan air mawar?

"Basahkan kapas di dalam air mawar, lalu aplikasikan kapas rendaman air mawar tersebut di muka dan leher. Usap-usapkan kapas tersebut secara perlahan dan merata, atau dapat juga ditempelkan beberapa saat pada wajah kita. Lakukan hal ini berkali-kali setiap hari terutama di pagi hari dan malam hari sebelum tidur"

Air mawar dapat membuat kulit wajah kita menjadi lebih segar. Jika ingin efek yang lebih segar, maka dapat menyimpan air mawar tersebut di dalam kulkas. Air mawar biasanya juga digunakan sebagai toner pada wanita sebelum menggunakan make up, gunanya untuk membersihkan dan menyegarkan kulit. Manfaat lain dari air mawar ini adalah untuk menstimuli sirkulasi darah di sekitar kulit terutama di muka dan di leher serta dapat mencerahkan kulit. Air mawar juga memliki PH yg seimbang sehingga bagus untuk kulit kita. Ingat! Gunakan air mawar yang tidak mengandung bahan kimiawi atau dapat pula membuatnya sendiri di rumah agar lebih higienis.



3. MADU

Bagaimana cara membuat ramuan alami menggunakan madu?

"Aplikasikan madu murni (tanpa campuran gula) pada wajah kita dengan cara melakukan massage ringan pada wajah dan leher. Dapat pula dijadikan masker dengan mengoleskan madu murni tersebut pada wajah dan leher dan tunggu beberapa menit. Setelah itu, bilaslah wajah dan leher dengan air hangat. Hal ini dapat dilakukan 2 hari sekali"

Madu mengandung bahan antrimicrobial dan bahan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengurangi noda-noda pada kulit wajah. Madu juga dapat mencerahkan dan membersihkan kulit wajah kita serta menjadikan kulit lebih sehat. Ramuan ini dapat melemaskan kulit wajah menjadi seperti kulit bayi yang halus dan lembut.



NOTES:

Rajinlah membersihkan dan merawat kulit wajah jika ingin memiliki kulit yang sehat. Gunakan juga bahan-bahan alami yang dapat dikonsumsi oleh tubuh, itu artinya bahan tersebut aman juga untuk diaplikasikan ke kulit. Ingat! Karena kulit ini memiliki pori pori sehingga apapun yg kita terapkan di kulit ini akan langsung diserap oleh aliran darah tubuh kita. Selain itu, jika ingin memiliki kulit yang sehat maka konsumsilah makanan yang sehat pula dan hindari stres berkepanjangan.





sumber : "Rahasia Perawatan Wajah Nusantara

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://youtu.be/1fJSem8L4bo