Cari

TIPS! Mengatasi Rasa Minder

Siapakah diantara kalian yang sering mengalami rasa minder?


Kadang muncul beberapa pertanyaan lain di benak kita:

Minder itu normal ngga sih?

Gimana kita bisa menjadi orang yang percaya diri dan tidak minder ya?

Apa sih penyebab dari rasa minder itu?

Sebenarnya normal-normal saja jika kita pernah merasa minder, namun yang tidak menjadi normal adalah jika rasa minder tersebut menjadi kesehariaan kita dan merugikan segala aspek kehidupan kita yang lain.


Apa itu minder?

Minder adalah suatu keadaan ketika kita tidak merasa percaya diri atau low self esteem.

Saat merasa minder kita akan merasa tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri dan selalu beranggapan bahwa kita tidak memiliki kemampuan untuk dapat mencapai apapun itu. Seringkali kita tidak sadar saat merasa minder. Contohnya saja saat kita adalah seorang koki dan kita akan melakukan demo masak, namun kita sendiri tiba-tiba merasa tidak mampu melakukan demo masak tersebut. Alasannya karena penonton dari demo tersebut adalah koki-koki yang lebih mahir dibanding kita. Padahal sebenarnya kita sangat menguasai bidang tersebut, namun mengapa kita malah minder? Dan seringkali malah atasan atau kolega kita di kantor yang memuji kinerja kita, tetapi kita sendiri tetap tidak percaya diri akan kemampuan kita. Kondisi inilah yang disebut dengan rasa minder.



Minder itu adalah suatu anggapan diri sendiri bahwa kita merasa tidak layak diperhitungkan dengan orang lain. Kita menjadi sering membandingkan diri dengan orang lain dan malah membuat kita down sendiri. Berikut ciri-ciri orang minder:

- Kurang mengenal potensi yang dimiliki sehingga tidak dapat mengembangkannya.

- Mudah cemas dan pesimis dalam menghadapi persoalan yang dianggapnya sulit.

- Selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.

- Sulit keluar dari zona nyaman.

- Cenderung meremehkan orang lain karena seringnya meremehkan diri sendiri sehingga berdampak ke orang lain, ingin mencari teman.


TIPS!

Lakukan beberapan hal ini untuk mengatasi rasa minder ya:

1. Menyadari diri sendiri bahwa kita sedang minder

Sering kali kita tidak sadar saat merasa minder. Oleh karena itu, kita harus lebih memperhatikan pikiran kita lebih dalam lagi. Jika kita dapat mendekteksinya, maka akan lebih mudah untuk mengatasi rasa minder tersebut. Hal ini bisa dilatih dengan melakukan beberapa teknik meditasi.


2. Ubah presepsi kita tentang kesuksesan

Sukses itu tidak selalu berarti bahwa kita berhasil melakukan sesuatu, atau berhasil meraih apa yang kita inginkan selama ini. Tetapi sukses juga dapat diartikan, bagaimana cara kita untuk cepat bangkit saat mengalami kegagalan di dalam menjalani hidup ini.


3. Jeda sejenak saat menerima feedback

Menyadari bahwa feedback dari orang lain bukanlah personal attack kepada diri kita. Namun dengan adanya masukan tersebut justru dapat membantu kita untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan latihan meditasi.


4. Lakukan afirmasi setiap harinya

Hal ini akan lebih baik jika melakukannya di depan cermin. Karena dengan sambil bercermin, kita dapat memperhatikan mimik wajah kita dan mencontoh mimik wajah orang lain yang mempunyai kepercayaan diri. Ini adalah salah satu afirmasi yang bagus untuk dapat dikatakan setiap harinya:

"Aku memiliki banyak kelebihan dan aku percaya diri. Aku bisa mengatasi semua masalah yang ada dan terjadi pada diriku"

Ingat! Katakanlah afirmasi tersebut dengan mimik wajah yang percaya diri agar afirmasi tersebut terekam oleh pikiran kita bahwa kita memang bisa dan percaya diri


5. Lakukan yoga untuk meningkatkan rasa percaya diri

Untuk hal ini bacalah buku "Youth Challenges and Empowerment karangan Guruji Anand Krishna". Jika tertarik untuk membacanya dapat menghubungi nomor 0878 3161 5414 untuk info pembelian lebih lanjut. Karena di dalam buku ini terdapat beberapa postur yoga yang dapat mengatasi rasa minder dan membuat kita menjadi lebih percaya diri dengan semangat muda. Atau dapat mengikuti kelas Yoga Kundalini bersama Anand Krishna Center Joglo Semar.




6. Lakukan meditasi secara rutin

Meditasi dapat membantu kita untuk mengatasi rasa minder karena dengan meditasi kita diberi kesempatan untuk bisa bertemu dengan diri kita sendiri. Sehingga akhirnya, kita lebih mengenali lebih dalam dan dapat menyapa diri sendiri . Dengan begitu, kita akan lebih dapat menghargai diri kita yang sebenarnya serta dapat menerima kondisi kita sebelum akhirnya membenahi diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik. Ciptakan pemikiran bahwa rasa minder hanyalah hal negatif yang ada di permukaan saja. Dengan meditasi kita dapat membawa diri kita lebih dalam lagi, sehingga kita dapat menemukan sumber kekuatan yang selama ini tidak kita sadari.


Oleh karena itu, cicipilah meditasi untuk mengatasi rasa minder dan meningkatkan rasa percaya diri kalian bersama Anand Krishna Center Joglo Semar.


SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618





sumber : Hebat! Meditasi Ini Dapat Mengatasi Rasa Minder

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://youtu.be/4qJKVXwmYaA

13 tampilan1 komentar