Cari

TIPS! Atasi Rasa Cemas secara Kilat

Bagaimana kita tidak merasa cemas dan stress ketika mendengar begitu banyak berita di media sosial maupun media cetak? Contohnya saja berita tentang pandemi corona saat ini. Banyak dari kita yang kehilangan sahabatnya, keluarganya, koleganya, dan ini semua membuat kita menjadi semakin cemas. Kita sudah membayangkan bagaimana jika hal ini menimpa diri saya ya? Bagaimana jika saya yang ada di posisi orang yang ditinggalkan tersebut? Kecemasan dan ketakutan ini semua, sering muncul di pikiran kita. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi rasa cemas tersebut secara kilat? Simak artikel berikut ya...



Apa itu rasa cemas?

Kecemasan adalah suatu istilah yang menggambarkan gangguan psikologis yang dapat memiliki karakteristik yaitu berupa rasa takut, keprihatinan terhadap masa depan, kekhawatiran yang berkepanjangan, dan rasa gugup. Rasa cemas memang biasa dihadapi oleh semua orang. Namun, rasa cemas disebut gangguan psikologis ketika rasa cemas menghalangi seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan menjalani kegiatan produktif.


Rasa cemas memang sulit sekali untuk diatasi, tetapi sebetulnya ada cara yang mudah untuk mengatasinya yaitu dengan meditasi. Namun, selain meditasi adapula teknik kilat yang dapat dilakukan jika kita membutuhkan pertolongan pertama (urgent) saat rasa cemas menyerang, yaitu dengan mengetuk-ketuk pada titik-titik energi yang ada didalam tubuh kita. Atau dapat kita sebut dengan istilah tapping.



Kecemasan atau rasa takut ini ada di sekitar cakra 3 pada tubuh kita yaitu disekitar pencernaan. Jadi titik-titik yang akan diketuk atau ditapping nantinya akan berkaitan dengan pencernaan kita seperti ginjal. Dimana ginjal adalah titik yg menyimpan rasa takut sehingga kita perlu melepaskan rasa cemas dan rasa takut tersebut. Pencernaan juga akan terganggu ketika kita berada dalam kondisi tertekan apalagi stress. Biasanya saat kita akan menghadapi ujian atau akan interview pekerjaan, perut kita merasakan mules dan tidak karuan. Nah, jadi titik-titik inilah yang akan kita tapping.


Cara Kilat Mengatasi Rasa Cemas

Hal pertama yang kita lakukan adalah kita tidak menyangkal atau tidak memungkiri bahwa kita sedang merasa cemas. Oleh karena itu, hindarilah positif thinking! Karena positif thinking itu adalah suatu hal yang toxic. Mengapa? Karena ketika kita mencoba untuk meniadakan hal yang negatif dengan kita berpikiran positif, itu sama halnya dengan kita sedang melakukan penyangkalan di dalam diri. Dan ini tidak sehat bagi mental emosional kita. Karena memang kenegatifan itu sebenarnya nyata ada dan mau tidak mau kita harus menghadapinya.


Jadi yang kita lakukan adalah sebagai berikut:


1. Ketuk-ketuklah pada titik ujung alis bagian dalam atau tepat ditengah kedua alis

Kita bisa lakukan ini beberapa kali sambil mengucapkan afirmasi: "saat ini aku sedang cemas dan aku menerima keadaanku atau kondisiku saat ini"



2. Ketuk-ketuklah pada titik ujung mata bagian luar

Kita bisa lakukan ini beberapa kali sambil mengucapkan afirmasi: "saat ini aku sedang merasakan kecemasan, tetapi it's okey, aku menerima keadaanku saat ini"



3. Ketuk-ketuklah pada titik bawah mata, tepat pada tulang di area cekungan bawah mata

Kita bisa lakukan ini beberapa kali sambil mengucapkan afirmasi: "saat ini aku sedang merasakan kecemasan tetapi aku menerima keadaan ini dan aku siap untk melepaskan kecemasan tersebut"



4. Ketuk-ketuklah pada titik tulang bagian pangkal leher (tulang selangka leher)

Kita bisa lakukan ini beberapa kali sambil mengucapkan afirmasi: "aku siap untuk melepaskan segala kecemasanku dan aku siap menerima perasaan tenang dan damai"



Lakukan lagi proses tersebut dari langkah pertama hingga langkah keempat, sambil mengucapkan afirmasi secara terus menerus! Ulangi hingga beberapa kali yaitu 3 sampai 5 putaran! Setelah itu lakukanlah langkah berikutnya, sebagai berikut:

5. Tekan pada titik V yaitu titik tepat ditengah-tengah dari pangkal kedua tulang leher.

Ketika menarik napas lewat hidung maka kita tekan titik tersebut. Dan ketika membuang napas lewat mulut maka kita putar-putar jari pada titik tersebut. Lakukan hal ini sebanyak 3 sampai 5 putaran.



6. Pegang bagian dada dan perut

Kita dapat memegang dada menggunakan tangan kanan dan memegang perut menggunakan tangan kiri. Lakukan hal ini sambil mengucapkan afirmasi: "aku rileks aku santai aku dalam keadaan aman" sebanyak 3 sampai 5 putaran. Beradalah pada posisi ini sambil memperhatikan napas. Dengan cara ni kita sedang merasakan tubuh kita. Jadi tidak hanya sekedar di otak saja untuk memikirkannya, namun kita juga mengadakan komunikasi dan kontak secara fisik dengan tubuh ini.


Dan untuk penutupan agar memancing ketenangan yang lebih dalam lagi, maka lakukanlah langkah berikutnya:


7. Lakukan getaran suara A-U-M

Suara A-U-M ini tidak ada kaitannya dengan agama tertentu karena sudah dibuktikan melalui beberapa penelitan di NASA, dsb. Hasilnya bahwa planet-planet beserta matahari, ketika direkam suaranya akan menggetarkan suara A-U-M yang ternyata sangat berkaitan dengan vibrasi tubuh kita. Jadi apapun yang ada di alam semesta ada juga didalam diri kita. Berikut langkahnya:

- Suara ‘A’ dibunyikan seperti bunyi E dalam “apEl”. Ketika memperagakan suara A (apEl) itu, rasanya ada getaran, frekuensi yang bekerja di bagian bawah tubuh, sekitar perut dan bagian di bawahnya. Getarannya hangat dan nyaman terjadi di sana – enak sekali.

- Lalu suara ‘U’, seperti bunyi: “uuuuuuu”. Tanpa tekanan di rongga tenggorokan atau dada. Getaran atau frekuensi “uuuuu” akan terasa di daerah dada, lengan dan punggung serta organ di sekitarnya. Getarannya akan membuat dada, punggung, dan organ di sekitarnya sangat enak dan hangat.

- Menyuarakan suara M atau biasa disebut humming, dilakukan dengan mulut tertutup. Getarannya terasa di sekitar kepala. Semakin stres maka dapat menyuarakan humming ini (mmmmmm…) dengan kencang. Kepala, organ, serta saraf serasa dipijat-pijat.

Lakukan secara bergantian sebanyak 3 sampai 5 kali putaran.


8. Berikan energi kasih ke seluruh makhluk hidup di alam semesta

Dan yang terakhir jangan lupa untuk mengucapakan afirmasi dan mengrimkan energi kasih. Afirmasinya adalah: "semoga seluruh makhluk di alam semesta, hidup dengan sehat, bahagia, dan bebas dari sengsara, semoga semua damai damai damai"



INGAT!

Nah itulah sekilas tentang rasa cemas dan cara kilat untuk melepaskan diri dari kecemasan, terumata dari situasi pandemi covid saat ini. Yang terpenting adalah menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Bagaimana kita bisa memperoleh imunitas yang kuat jika mental emosional kita drop? Karena jika mental emosional kita ngedrop, pasti imunitas tubuh pun ikut drop.

Semoga kalian sehat dan aman selalu ya!



SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618





sumber: Tips Atasi Rasa Cemas secara KILAT untuk meningkatkan Imunitas

youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

https://youtu.be/avZLYTq8TR0