Cari

Postur Yoga ini Dapat Menurunkan Kolesterol


Apa itu kolesterol?

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan kolesterol dalam kadar yang sesuai untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Kolesterol ini berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Liver kitalah yang bertugas untuk memproduksi kolesterol tersebut secara alami dan dengan bantuan protein disalurkan ke seluruh tubuh kita.


Namun, ternyata terdapat 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat disebut LDL (lipoprotein dengan kepadatan rendah) dan kolesterol baik disebut HDL (lipoprotein dengan kepadatan tinggi). Untuk kolesterol yang jahat ini, mengendap di saluran pembuluh darah kita dan apabila sudah terlalu tinggi maka jangan dianggap remeh apalagi untuk jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan serangan jantung dan struk. Maka sangat penting untuk memahami konsumsi lemak kita



Berikut terdapat beberapa jenis lemak jahat antara lain:

1. Lemak jenuh

Contohnya adalah daging merah (sapi, kambing, babi, kulit ayam), semua jenis olahan susu, mentega, telur, dan minyak kelapa sawit. Jika makanan ini sering kita konsumsi dalam jangka waktu yang panjang maka dapat mengakibatkan banyak penyakit jika dikonsumsi berlebihan.

2. Lemak trans

Lemak ini bersifat sintesis atau buatan, tercipta melalui proses industri. Lemak ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga berujung serangan jantung, struk, dan diabetes tipe 2. Contohnya adalah goreng-gorengan, pie, kue, biskuit (segala macam bakery) popcorn, dan makanan dalam kemasan.



Sedangkan lemak baik disebut dengan lemak tak jenuh. Lemak ini bagus untuk melindungi jantung kita dan menjaga kadar kolesterol. Contohnya adalah makanan yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang dapat diperoleh dari minyak zaitun, kacang-kacangan (seperti selai kacang), alpukat, ikan salmon, ikan kembung, dan ikan sarden. Dan lebih bagus lagi adalah yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan (natural food). Diimbangi pula dengan rutin berolahraga, serta latihan teknik relaksasi dan meditasi. Karena stress juga merupakan salah satu penunjang meningkatnya kolesterol, maka perlu dilakukan latihan meditasi dan yoga yang rutin untuk dapat melepas stress di dalam diri.


Berikut beberapa postur yoga yang dapat menurunkan kolesterol, antara lain:

1. PLANK POSE

Adalah sebuah asana (postur yoga) yang dapat membantu membakar lemak. Langkahnya adalah sebagai berikut:

"Pertahankan posisi ini dalam beberapa detik. Akan lebih bagus jika dapat dilakukan setiap hari selama 1 menit. Namun, jika sudah dapat menahan lebih dari satu menit maka akan lebih bagus"

Ingat! Pada saat melakukan postur plank pose, kecangkanlah otot-otot di sekitar perut dan di sekitar pantat, karena dengan kuatnya otot-otot tersebut maka dapat membantu membakar lemak.



2. TEKNIK PERNAPASAN PERUT

Teknik pernapasan perut ini dapat membantu mengatasi stress yang timbul. Ketika melakukan teknik ini, otak akan menciptakan hormon-hormon yang dapat membantu menjadi lebih tenang dan rileks. Langkahnya adalah sebagai berikut:

"Letakkan satu tangan di atas perut tepatnya di bawah tulang rusuk sementara tangan yang lain berada di dada. Kemudian tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mengembung, mendorong tangan. Saat membuang napas gunakan tangan yang ada di atas perut untuk mendorong semua udara keluar dan perut mengempis"

Ingat! Lakukan postur ini sambil berbaring selama 5 sampai 10 menit setiap harinya.




3. SURYA NAMASKAR

Adalah satu set asana (beberapa postur yoga) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan membakar lemak dalam tubuh. Teknik ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Berikut video langkah-langkah dari Surya Namaskar:




SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618





sumber: youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

“Dahsyat! Gerakan Yoga ini untuk Menurunkan Kolesterol” https://youtu.be/oDBPwdIp-Ns

"Yoga Surya Namaskar" https://youtu.be/RqJjF6fyiGk

sumber: https://www.halodoc.com/kesehatan/kolesterol