Cari

Neo Cortex sebagai Hardware untuk Memilih Tindakan yang Tepat


Manusia dibekali reptilian brain (otak reptile) yang artinya seperti pada hewan reptile yang pikirannya hanya makan, minum, tidur & kawin. Namun ternyata tidak hanya itu saja, manusia juga dibekali Neo-Cortex otak kanan dan otak kiri untuk menganalisa, berpikir kritis, serta kreatif juga untuk menimbang mana yang tepat atau tidak tepat bagi tubuh.



Dalam bahasa Sansekerta terdapat istilah VIVEKA. Viveka adalah sebuah analytical program dengan hardware Neo-Cortex sebuah falkultas untuk memilih apa yang tepat dan yang tidak tepat untuk dilakukan. Oleh karena itu, kita harus selalu belajar, mengembangkan skill, dan kemampuan, serta memperluas wawasan sehingga menambah input ke dalam Neo-Cortex dan membuat kita memiliki data yang semakin luas. Viveka merupakan kemampuan untuk memilah yang mengantarkan kita pada kesadaran, memilih untuk melakukan tindakan yang tepat dan yang mulia.


Dalam kehidupan ini seringkali kita dihadapakan pada pilihan untuk menentukan apa yang mesti kita lakukan. Jika kita sederhanakan sebenarnya hanya ada 2 pilihan yaitu menyenangkan (preya) dan yang memuliakan (shreya). Contoh yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari: Ketika kita bangun di pagi hari, ada 2 pilihan yang bisa kita ambil. Kita akan melanjutkan tidur, menarik selimut sampai siang, atau bangun tidur di pagi hari kemudian kita melakukan sembahyang dan olahraga. Jika kita hanya ingin mengikuti keinginan panca indra saja, nikmatnya ya tidur terus, menarik selimut hingga siang hari. Sedangkan sembahyang dan berolahraga itu bertujuan untuk kesehatan jiwa raga.



Demikian juga dengan apa yang kita konsumsi, misalnya saja rokok. Kita tahu bahwa rokok itu tidaklah sehat untuk tubuh. Di dalam kemasannya pun sudah disampaikan bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Namun karena kita hanya ingin memuaskan indra, kita hanya ingin merasakan sensasi setelah merokok, maka kita tidak akan mengindahkan informasi tersebut.


Barangkali kita terlahir di keluarga kaya, dan mampu menghasilkan banyak uang. Bagaimana kita akan menggunakan uang itu yang perlu kita perhatikan, apakah hanya untuk menyenangkan diri sendiri, atau untuk kesejahteraan banyak orang? Pilihan selalu ada ditangan kita. antara hal yang menyenangkan (preya) atau yang memuliakan (shreya).


Preya adalah segala sesuatu yang menyenangkan panca indra. Apa pun juga asal menyenangkan panca indra itu adalah Preya. Mungkin tidak baik, mungkin tidak benar, asal panca indra saya puas itu adalah Preya. Sedangkan Shreya adalah tindakan yang tepat. Preya sifatnya hanya sesaat, menyenangkan sesaat, namun shreya sifatnya abadi, memuliakan, tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi untuk kesejahteraan seluruh makhluk. Setelah input datanya terkumpul banyak dengan cara belajar dan mempraktekan, sehingga semakin banyak pengalaman, firmwarenya harus diupdate, updatenya dengan cara apa?



MEDITASI! Viveka adalah buah dari meditasi. Kemampuan untuk memilah sampai dengan pilihan yang tepat dan presisi untuk mengantarkan kehidupan dalam kebahagiaan.




SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618



12 tampilan0 komentar

Postingan Terkait