Cari

Meningkatkan Self Awareness dengan Meditasi

Pengertian Meditasi

Sebagian orang mengira bahwa Meditasi diterjemahkan sebagai semedi, berupa duduk diam hening selama beberapa menit bahkan berjam-jam. Padahal jika fisik, napas, pikiran, dan perasaan masih kacau akan susah untuk duduk diam hening. Meditasi bukanlah konsentrasi. Jadi, meditasi sebenarnya berguna untuk mengembangkan diri (Self Empowerment) serta dapat meningkatkan kesadaran diri (Self Awareness). Setelah mencapai keseimbangan di dalam diri, Anda tidak lagi merasa gelisah, tidak lagi merasa khawatir, tidak lagi merasa takut, tidak lagi merasa cemas, dan bahkan dapat mengatasi stress. Meditasi dapat menumbuhkembangkan rasa bahagia hingga mencapai kebahagian sejati di dalam diri.



Apa itu Self Awareness?

Self Awareness adalah suatu kesadaran dalam memahami sifat, perilaku, dan perasaan diri sendiri. Hal ini dapat membawa perubahan yang membuat Anda lebih percaya diri, kreatif, dan dapat berkomunikasi secara efektif. Orang yang memiliki kesadaran diri juga cenderung mengetahui kelebihan dan kelemahan di dalam dirinya, serta dapat melihat suatu peluang dengan baik sehingga kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar.


Keuntungan Memiliki Self Awareness

Manfaat Self Awareness juga penting di dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi jika Anda mempunyai pekerjaan di luar rumah yang berhubungan langsung dengan banyak orang. Sikap ini sangat dibutuhkan agar semua masalah dan di kondisi apapun, Anda tetap bisa menghadapinya dengan kepala dingin. Berikut keuntungan memiliki Self Awereness, antara lain:

- menjadi lebih percaya diri

- mampu berkomunikasi dengan lebih efektif

- tidak mudah sakit hati

- menjadi lebih kreatif

- memiliki pikiran yang terbuka dengan segala perbedaan

- karier menjadi lebih sukses, dll.



Meningkatkan Self Awareness dengan Meditasi

Dengan latihan meditasi, kita belajar untuk mengamati dan menyadari suatu objek. Dalam hal ini adalah dengan memperhatikan napas yang masuk dan napas yang keluar dari dalam diri. Kita sadar akan napas yang masuk dan sadar akan napas yang keluar. Kita sadar akan napas yang panjang dan sadar akan napas yang pendek.


Ketika memperhatikan suatu objek, seringkali pikiran di dalam kepala kita mengembara. Ketika pikiran ini mengembara, itu artinya bahwa kesadaran tidak ada pada saat ini, tapi mengembara entah kemana. Untuk itu, secara lembut dan perlahan pikiran diajak kembali untuk memperhatikan napas yang masuk dan napas yang keluar. Dalam hal ini kita hanya mengamati napas saja, tidak perlu menilainya. Kita cukup menyadari dan mengamatinya saja, tidak perlu menilai apakah ini enak - tidak enak, nyaman - tidak nyaman, sakit - tidak sakit, atau lainnya. Ketika pikiran di dalam kepala sedang mengembara, kita tidak perlu meresponnya tetapi cukup mengamati saja apa yang terjadi. Ketika ada rasa sakit di kaki, sadari saja kaki terasa sakit. Lalu kembali lagi memperhatikan napas yang masuk dan napas yang keluar di dalam diri.



Jika latihan ini terus-menerus rutin dilakukan, misalkan setiap hari selama 30 menit selama kurang lebih 90 hari, maka pikiran secara perlahan akan terlatih untuk menyadari apa yang terjadi saat ini. Dengan dimikian, jika kesadaran saat ini sudah terlatih, maka pikiran tidak akan menyesali masa yang lalu, dan tidak juga mengembara ke masa depan yang menimbulkan kekhawatiran. Pikiran yang terlatih akan membuat sadar saat ini, sehingga membuat seseorang bisa mengerjakan sesuatu dengan cepat dan lebih baik.



SEGERA DAPATKAN!

Jika kalian semakin penasaran mengenai bagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan kesadaran di dalam diri (Self Awareness) maka bacalah buku kaya Guruji Anand Krishna yang berjudul 5 Steps to Awareness - 40 Kebiasaan Orang yang Tercerahkan

Saadhanaa Panchakam adalah karya klasik yang banyak dirujuk oleh penyelam kedalaman, penimba makna, dan pencari kebenaran. Karya terakhir Mahaguru Shankara ini memaparkan Lima Langkah Menuju Pencerahan dan Empat Puluh Kebiasaan Orang yang Tercerahkan. Selami karya ini, dan songsong pencerahan Anda!


Informasi dan Pembelian:

Jakarta 0878 8511 1979

Bali 0818 3507 12

Jawa 0878 3161 5414

https://www.yogameditasi.com/shop

https://www.booksindonesia.com/


10 tampilan0 komentar

Postingan Terkait