Cari

Mengubah Pola Pikir dengan Meditasi

Keadaan Tak Pernah Sesuai dengan Harapan

Pernahkan Anda berada pada situasi ketika terjadi pergantian tim kerja dan mendapati situasi yang berbanding terbalik 360 derajat dari kondisi awal? Taruhlah sebelum bersama tim yang sekarang, tim Anda sebelumnya sangat kompak, saling mengisi, dan saling bisa diandalkan satu sama lain. Sedangkan pada situasi yang sekarang, ah… boro-boro saling mengisi, komunikasi pun bahkan kurang terbangun secara kooperatif? Mungkin Anda sudah merasa cukup berusaha untuk memperbaiki keadaan tersebut. Anda juga sudah berupaya keras untuk meningkatkan komunikasi, menambah skill, dan membuka diri. Namun keadaan tak kunjung berpihak kepada Anda? Hingga pada suatu ketika, Anda merasa bahwa kesalahan bukan berada pada diri Anda, tetapi pada orang lain, atau bahkan menyalahkan perusahaan dan orang di sekitar Anda. Apa yang Anda rasakan jika Anda berada dalam posisi tersebut?

Tentu Anda merasa kesal dan bahkan tidak semangat lagi untuk bekerja, bahkan memutuskan untuk hengkang dari tempat Anda bekerja sesegera mungkin. Wow… itu sesuatu yang sangat serius! Dalam menghadapi dunia dan tantangan hidup, baik itu di dunia kerja, dalam hubungan asmara, dan masalah pertemanan, bahkan di keluarga. Kita memang tidak bisa selalu mendapat apa yang kita harapkan. Kuncinya adalah adaptabilitas dan kemauan untuk senantiasa mencari solusi di setiap keadaan dan selalu berkepala dingin walau situasi sedang di luar kendali.


Mengubah Pola Pikir (Mindset)

Percayakah Anda? Menurut penelitian, kualitas mudah dan tidaknya beradaptasi terhadap lingkungan dan berubah sesuai tuntutan keadaan sangat ditentukan oleh kemampuan kita dalam mengubah pola pikir (mindset). Bagi sebagian orang, yang terbiasa memiliki mindset statis dan tidak berkembang, cenderung apriori terhadap hal baru dari sumber mana pun datangnya. Hal ini dapat berdampak pada karir yang tidak berkembang (stagnan). Dan orang-orang yang seperti inilah, percaya atau tidak sering kita jumpai, terutama pada kasus yang kita bicarakan di awal.


Jadi bagaimana kita bisa segera keluar dari kondisi yang tidak mengenakkan ini? Jangan sampai kita terbawa oleh situasi yang malah justru menurunkan kinerja kita. Mari kita telusuri dari hal yang paling mendasar. Dalam kitab kebijaksanaan kuno yang bersumber dari ilmu Yoga bahwa kebiasaan-kebiasaan kita selama ini, sedari kita kecil hingga berusia sampai sekarang, mulai dari kebiasaan makan, pola tidur, pola hidup, hingga apa yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan, dan segala hal tentang “diri kita” membentuk apa yang disebut dengan Samskara dalam bahasa Sansekerta. Samskara ini biasa diterjemahkan sebagai conditioning dalam bahasa Inggris.

Samskara dalam bahasa kita maknanya adalah impresi, dampak dari pengalaman-pengalaman hidup yang kemudian membentuk pola pikir dan mempengaruhi cara kita memandang sesuatu, termasuk hidup itu sendiri. Tidak heran, proses mengubah pola pikir (mindset) ini adalah proses seumur hidup. Butuh upaya dan kemauan keras untuk bisa mengubah pola pikir (mindset) sesuai dengan apa yang kita ingin capai dan harapkan dalam hidup ini. Jadi, apa hal pertama yang perlu kita lakukan? Kembali ke cerita awal, meditasi akan membantu mengubah persepsi, pola pikir, dan cara pandang kita terhadap sesuatu. Dan perubahan ini tidak hanya berdampak besar pada lingkungan kerja, kehidupan sehari-hari, dan hubungan kita dengan keluarga serta teman, tetapi ke seluruh aspek hidup kita. Seluruhnya akan mengalami perubahan sebab core dari mindset tadi sudah bertransformasi.


Buku Panduan Meditasi Untuk Orang Modern

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari meditasi, bisa memulainya dari buku “Ananda’s Neo Self Empowerment – Seni Memberdaya Diri bagi Orang Modern”. Dimana di dalam buku ini, berisikan penjelasan tentang meditasi dan juga diberikan latihan-latihan meditasi yang diracik secara khusus oleh Bapak Anand Krishna untuk kebutuhan masyarakat modern. Sebuah buku yang padat dan harus dimiliki oleh mereka yang ingin mempelajari meditasi serta ingin menyelami spiritual agar dapat memberdayakan diri, guna menghiasi kehidupan ini menjadi lebih baik dan lebih berwarna.



Bagaimana cara kita agar dapat mengubah persepsi, pola pikir, dan cara pandang kita terhadap segala sesuatu di kehidupan ini? Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan berlatih Meditasi secara rutin.


SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618



14 tampilan0 komentar

Postingan Terkait