Cari

Cara Praktis Mengatasi Bahu Kaku, Kram, dan Tegang



Terlalu lama duduk berjam-jam di depan layar komputer untuk bekerja ataupun bermain games, bisa menyebabkan saraf otot di beberapa bagian tubuh menjadi kaku, kram, tegang, dan kesemutan. Selain itu, dampak dari terlalu lama duduk di depan layar komputer ini dapat menyebabkan otot leher terasa nyeri dan postur kepala bisa jadi condong ke depan. Perubahan ini disebabkan karena layar komputer yang umumnya berukuran kecil. Maka, mau tidak mau Anda pasti harus condong ke depan untuk melihat layar komputer dengan jelas. Bila kelamaan, kepala dan leher akan berubah menjadi condong ke depan seperti membungkuk.


Kaku, kram, tegang, dan kesemutan ini bisa diatasi bila Anda menjaga otot dan fungsi saraf tetap baik. Berikut adalah beberapa cara untuk menyiasati kaku, kram, tegang, dan kesemutan akibat duduk terlalu lama di depan layar komputer.


1. Aturlah postur tubuh yang benar

Pertama, pastikan telapak kaki Anda rata di lantai. Posisikan telinga dan bahu sejajar, jangan bungkuk atau memiringkan kepala. Bila perlu, gunakan headset atau speaker agar kepala tidak maju ke depan untuk mendengarkan suara yang lebih jelas. Anda juga bisa menyangga bagian punggung bawah dengan bantal kecil saat duduk agar posisi punggung tetap terjaga.



2. Konsumsilah makanan sehat kaya vitamin

Kamu dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada otot. Konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin B6 karena mampu mencegah kerusakan saraf dan vitamin B1 karena dapat mencegah degenerasi saraf serta kesemutan di seluruh tubuh. Sedangkan vitamin B12 dapat berpotensi untuk membantu tubuh memproduksi zat mielin yang melindungi saraf di tubuh Anda. Konsumsilah seperti sayuran hijau, susu, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin!



3. Selingi dengan peregangan

Kaku, kram, tegang, dan kesemutan karena terlalu lama duduk di depan layar komputer juga dapat diatasi dengan melakukan peregangan pada tubuh. Lakukan peregangan dan beristirahatlah menatap layar komputer maupun laptop, kira-kira setiap 20 menit sekali. Kamu dapat melakukan peregangan dengan teknik Yoga yang praktis berikut ini. Untuk melakukannya kamu dapat mengikuti tutorial video di bawah ini ya!


https://youtu.be/M5xJzXMqMvg

8 tampilan0 komentar

Postingan Terkait