Cari

4 Circuit Kebahagiaan



Siapa sih yang ngga mau hidupnya bahagia?

Pasti diantara kita semua menginginkan hidup yang bahagia. Sebenarnya apakah kebahagiaan itu? Secara umum, kebahagiaan dapat diartikan sebagai perasaan puas dengan hidup. Sedangkan secara biologis, hal tersebut terkait dengan pelepasan dopamin, neurotransmitter yang terlibat dalam perasaan senang. Kebahagiaan adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Seringkali, orang yang banyak tersenyum dan tertawa dianggap lebih bahagia.


Pada acara Temu Hati Sehat Jiwa Sehat Raga yang dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 15 Februari 2018 silam, Guruji Anand Krishna mengingatkan kepada kita semua mengenai 4 circuit kebahagiaan yang tidak tergantung pada hal-hal yang ada di luar diri termasuk keluarga kita sendiri. Beliau menyampaikan, bahwa menurut penelitian Neuro Science oleh Scientist Richard Davidson yang didalamnya membahas adanya jaringan utama di otak kita. Zamana dahulu, kita hanya dapat melihat kenangan dengan bantuan foto. Namun sekarang ini, kita dapat melihat real time kegiatan otak seperti apa yang berdenyut sebanyak 200 kali per menit. Terdapat sebuah research and development tentang adanya 4 circuits for wellbeing, yaitu 4 hal yang membuat kita bahagia antara lain:


1. Pandangan positif

Pandangan positif berbeda dengan berpikir (maunya) positif saja. Seperti halnya agar positif maka debu-debu kotoran disembunyikan dibawah karpet, supaya "tampak bersih" dari luar. Sebenarnya pandangan positif adalah memandang positif terhadap segala hal. Bahkan orang yang sedang depresi pun memiliki circuit ini. Sifat dasar bawaan ini muncul apabila kita sering melakukan latihan meditasi.



2. Bangkit lagi setelah jatuh

Anak kecil yang berlatih berjalan selalu jatuh dan kemudian akan bangkit lagi. Ada sifat dasar bawaan di dalam diri kita bahwa setelah jatuh maka kita akan bangkit lagi dan darinya muncul rasa kebahagiaan dan kepuasan dalam diri. Pada dasarnya kita adalah manusia yang tangguh. Sirkuit tersebut sudah ada di dalam diri kita dan dengan meditasi dapat aktif kembali.



3. Fokus

Ternyata orang yang bahagia itu fokus pada kehidupannya. Fokus berbeda dengan konsentrasi. Pada waktu kita belajar mengendarai mobil, kita berkonsentrasi penuh dan bahkan tidak mau diajak berbicara dengan yang lain. Pada waktu kita sudah mahir mengendarai mobil, kita dapat melakukan banyak hal, antara lain fokus menyetir, sambil memperhatikan sekitar, bahkan sambil berbicara dengan teman yang berada di dalam satu mobil tersebut. Menurut penelitian hampir 50% orang di dunia ini tidak fokus pada kehidupannya. Fokus ini juga dapat dilatih dengan melakukan latihan meditasi.



4. Murah Hati dan Dermawan

Perasaan bahagia akan muncul di dalam diri setelah kita dapat membantu orang lain. Seorang yang dermawan dapat mengaktifkan salah satu circuit otak yang merupakan kunci dari kebahagiaan. Manusia datang ke dunia ini dengan kebaikan, yang merupakan dasar bawaan dari manusia. Guruji Anand Krishna selalu menyarankan kepada kita untuk dimulai dengan menjadi seorang yang dermawan dan murah hati. Karena seorang yang bahagia tubuh dan pikirannya akan menjadi lebih sehat jiwa dan raga.

Bahagia itu penting, karena ketika seseorang ingin bahagia maka ia memiliki tekad untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat daripada sebelumnya. Ini bukan berarti bahwa kehidupan kita sekarang ini tidak baik-baik saja, melainkan dalam hidup ini kita diharuskan untuk terus bertumbuh dan berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Tahukah kalian bahwa seseorang yang bahagia dalam suatu lingkungan akan membuat orang-orang di sekitarnya juga merasa bahagia, sungguh bermanfaat bukan? Kalian mungkin salah satu orang yang bahagia dan dapat menyalurkan perasaan tersebut ke orang-orang terdekat kalian. Jangan lupa bahagia ya!



SEGERA IKUTI!

Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglo Semar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618