Cari

Ramuan Alami! Untuk Penderita Diabetes

Apakah diabetes itu?

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.


Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Resistensi insulin tubuh kita inilah yang menyebabkan diabetes. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.



Lalu bagaimana cara kita mencegah diabetes ini?

Segala sesuatu ditentukan oleh pola hidup atau lifestyle kita. Bagaimana pola makan kita selama ini? Sudahkah kita memiliki pola tidur atau istirahat yang cukup? Apakah kita sudah berolahraga secara rutin? Berikut beberapa pola hidup yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes, antara lain:

  1. Mengubah dengan pola makan yang sehat. Sebaiknya hindari makanan-makanan yang berlemak dan goreng-gorengan karena dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Kurangilah karbohidrat dan makanan yang memiliki kadar gula tinggi atau terlalu manis.

  2. Harus bisa mengolah pikiran kita supaya tidak stres, karena stres ini yang menyebabkan sekitar 90% dari segala macam penyakit fisik. Sebenarnya 98% penyakit fisik ini disebakan oleh mind kita. Jadi harus bisa memanage stress di dalam diri.

  3. Lakukan olahraga setiap hari secara rutin. Setidaknya jalan kaki, dapat dilakukan pagi hari maupun sore hari. Perbanyaklah gerak, karena tubuh kita ini diciptakan untuk bergerak bukan hanya untuk duduk ataupun berbaring. Idealnya berjalan 10.000 langkah setiap hari atau jika tidak memungkinkan berjalan kakilah selama 30 sampai 45 menit.

  4. Lakukan latihan yoga karena hal ini sangat membantu untuk memanage kadar gula di dalam tubuh juga membantu kita untuk memanage stress di dalam pikiran.

  5. Perbanyak minum air putih. Tips! Biasakan jika kalian memiliki wadah dari tembaga atau cooper, isilah dg air putih dan diamkan semalaman. Ketika esok harinya, minumlah air yg sudah didiamkan ke dalam tembaga tersebut, karena tembaga memiliki mineral-mineral yang dapat membantu mendetoks dan dapat mencegah kadar gula agar tidak naik-turun.


Apakah ada ramuan alami yang dapat mengobati diabetes?

Menurut Ayurveda, diabetes disebut MADHUMEHA. Madu itu manis, berarti tubuh kita ini terlalu banyak gula. Jadi kita harus bisa menyeimbangkannya dengan mengkonsumi hal-hal yang berlawan dengan manis yaitu pahit. Salah satu penyebab dari diabetes adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan sesuatu yang manis . Berikut beberapa ramuan alami yang dapat mengobati diabetes, antara lain:



1. Pare.

Salah satu sayuran hijau yang memiliki rasa pahit adalah pare. Karena penderita diabetes harus banyak mengkonsumsi hal-hal yang berlawan dengan manis, maka inilah salah satu sayuran hijau yang tepat untuk dikonsumsi. Pare dapat diolah menjadi berbagai masakan. Konsumsilah pare secara reguler, karena akan baik untuk mengurangi diabetes.



2. Rempah-rempah, seperti: ketumbar, kelabat, dan kunyit.

Jika dapat memasukkan rempah-rempah tersebut kedalam makanan kita sehari-hari, maka dapat membantu untuk memanage kadar gula di dalam tubuh kita.



3. Kayu manis.

Kayu manis dapat diolah menjadi ramuan berupa minuman. Minumlah ramuan ini secara rutin setiap hari 1x di pagi hari. Cara membuatnya adalah, sebagai berikut:

- Siapkan bahan-bahannya yaitu: 2 buah apel, 2 batang kayu manis, 1 lembar daun neem (daun mimba), 1 lembar daun tulsi (semacam family dari kemangi).

- Potonglah apel ke dalam ukuran yang besar, jangan kupas kulitnya karena kulit apel mengandung banyak vitamin.

- Masukkan apel yang sudah dipotong tersebut ke dalam toples besar.

- Masukkan juga 2 batang kayu manis, 1 lembar daun neem, dan 1 lembar daun tulsi.

- Siramlah air sampe semua bahan-bahan di dalam toples tersebut terendam oleh air.

- Biarkan ramuan ini semalaman, dan keesokan paginya minumlah ramuan tersebut.

Kandungan dari kayu manis ini dapat membantu membakar lemak dan menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Sedangkan buah apel mengandung banyak vitamin dan mineral. Di pagi hari, tubuh kita akan mendapat energi setelah meminum ramuan kayu manis ini.



4. Buah labu botol.

Adalah buah labu yang berbentuk seperti botol atau memanjang. Buah labu jenis ini dapat kita peroleh di pasar dengan mudah. Buah labu ini dapat diolah menjadi minuman berupa jus. Cara mengolahnya adalah, sebagai berikut:

- Kupaslah secukupnya buah labu botol ini mentah-mentah.

- Masukkan ke dalam blender, dan tambahkan sedikit jinten.

- Saringlah dan tuangkan kedalam gelas.

Konsumsilah jus buah labu botol ini setiap hari 1 gelas karena dapat membantu mengurangi diabetes di dalam tubuh.



5. Lidah buaya.

Lidah buaya ini dapat diolah menjadi minuman berupa jus. Minumlah jus lidah buaya ini secara rutin setiap hari sebanyak 2 gelas. Cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

- Ambilah 2 sendok makan lidah buaya, 2 sendok makan air jeruk nipis, dan sedikit lada hitam.

- Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender, dan campurkan dengan segelas air sekitar 250ml.

- Blenderlah selama 1 menit, kemudian saringlah dan diamkan beberapa saat.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yaitu dapat mencegah dehidrasi, membantu untuk mempertahankan kelembapan di dalam tubuh, dan dapat mendetoks aliran darah kita.


6. Beras Basmati.

Pilihlah karbohidrat yang kadar glukosa tidak telalu tinggi. Contohnya dengan mengganti beras yang biasa kita konsumsi sehari-hari dengan beras basmati. Atau dapat juga menggantinya dengan beras merah, tetapi yang paling bagus adalah beras basmati karena kadar gulanya paling rendah dibanding beras yang lain. Beras basmati sama sekali tidak lengket saat sudah menjadi nasi, berbeda halnya dengan beras yang biasa. Semakin lengket nasi, itu artinya semakin tinggi kadar gula yang terkandung didalamnya.



TIPS!

Penderita diabetes memiliki elemen yang dominan di dalam tubuh yaitu elemen air atau KAPHA. Kapha terdiri dari elemen tanah dan elemen air itu sendiri. Terdapat sebuah mudra (gerakan tangan) yang dapat membantu untuk menyeimbangkan agar elemen air tersebut tidak terlalu dominan, sehingga dapat mengurangi diabetes. Mudra ini disebut dengan PRITHVI MUDRA. Pritvhi artinya bumi, dan bumi itu merupakan elemen tanah. Berikut cara melakukan prithvi mudra yaitu:



"Dengan menyentuhkan ujung jari manis dan ujung  ibu jari"
Pertahankan posisi ini selama 15 menit dalam 1 sesi. Lakukanlah mudra ini selama 45 menit dalam 1 hari, berarti lakukanlah dalam 3 sesi. Kita dapat membaginya menjadi 15 menit pagi hari, 15 menit siang hari, dan 15 menit malam hari.

Jangan lakukan lebih dari 45 menit dalam sehari ya, karena ini memang sudah menjadi dosisnya. Mudra ini memiliki banyak manfaat antara lain: dapat membantu memanage diabetes, juga dapat mencegah rambut yang rontok, serta dapat membuat kulit menjadi lebih glowing.



SEGERA IKUTI!


Kelas Meditasi dan Yoga bersama AKC Joglosemar via Offline maupun Online

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Senin Pukul 19.00 WIB (Offline)

  • Ananda’s Neo Self Empowerment : Setiap Sabtu Pukul 16.00 WIB (Online)

  • Ananda’s Neo Kundalini Yoga : Setiap Kamis Pukul 19.00 WIB

Informasi dan Pendaftaran: 087888858858 / 0816677225 / 082227774618




youtube by Ma Archana - Kesehatan Holistik

sumber: Astaga! 2 ramuan herbal ini bisa untuk detox darah

https://youtu.be/jU_ys_SM8HY

sumber: Penting! Tips Ampuh untuk Penderita Diabetes

https://youtu.be/uc48ETlnlyQ

23 tampilan0 komentar